box.css – Framework OOCSS responsive dengan quickstyling dan quicksizing

Akhirnya, setelah beberapa hari ngubek-ubek repo di Github, saya memutuskan untuk merilis versi perdana object oriented CSS framework hasil racikan saya sendiri.

Framework ini saya namai: “BOX.CSS“. Kenapa? Karena fitur utamanya ialah style auto-floating boxes yang saya forked dari PocketGrid-nya Arnaud Leray.

!! Perhatian: jika Anda belum memahami sepenuhnya apa fungsi CSS dan penggunaannya, silakan baca: Memahami Fungsi, Selektor, Properti, dan Penggunaan CSS !!

Selain mengombinasikannya dengan color classes hasil modif dari CLRS-nya Adam Morse, saya juga menambahkan sederet class fungsional yang saya sebut sebagai quickstyling dan quicksizing.

QuickStyling mencakup sejumlah class dengan properti antara lain:
font-size, text-style dan text-alignment, serta a dan a:hover.

Sedangkan fitur utamanya, yakni QuickSizing, mencakup class pengaturan properti:
margin, padding, serta otomatisasi floating columns.

Saya membuat 2 versi laman dokumentasi berbasis Github Pages:
– laman box.css in English
– laman box.css berbahasa Indonesia.

Kedua laman tersebut memang masih saya kembangkan kontennya sesuai update box.css, namun file css-nya sendiri sudah cukup lengkap, jadi bisa langsung diunduh atau dimodifikasi sekarang juga.

Update 13-3-2014 – Sekarang sudah ada 2 versi laman contoh penggunaan box.css:
sample page in English | laman contoh berbahasa Indonesia

Untuk framework ini, saya menerapkan lisensi MIT License, artinya semua orang bebas mengunduh, menggunakan, dan mereproduksi dengan membubuhkan lisensi yang sama pada seluruh produk derivatifnya. Keep it open, devs!

Silakan UNDUH BOX.CSS atau FORK BOX.CSS via Github.

Kalau berkenan, rekan-rekan desainer dan developer saya mohon ikut berkontribusi dengan melaporkan bugs dan pull requests. Happy coding!

Tak ada komentar

Tuliskan pendapatmu

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *