Cara Instal Ubuntu Touch pada smartphone/tablet Android

Ini adalah tutorial instalasi Ubuntu Touch versi beta pada perangkat Android (peringatan: bukan untuk pemula!).

Ubuntu Touch, juga dikenal sebagai Ubuntu for devices atau Ubuntu Phone, adalah sistem operasi mobile yang saat ini baru tersedia dalam versi beta. Artinya, jika Anda memiliki perangkat Android yang didukung, Anda dapat mencobanya sekarang. Berikut adalah cara menginstal Ubuntu Touch pada smartphone/tablet Android.

tampilan ubuntu touch
tampilan ubuntu touch gambar: teksyndicate.com

Belum banyak perangkat Android yang secara resmi didukung, namun jika Anda memiliki Nexus 4, Nexus 10, atau generasi kedua Nexus 7 (versi 2013), maka Anda punya kesempatan untuk melakukan test drive Ubuntu Touch. Ada daftar yang lengkap perangkat Android yang didukung di wiki.ubuntu.com/Touch/Devices, tetapi tidak ada dukungan resmi dari Canonical, dan mungkin ada berbagai keterbatasan. Misalnya, meskipun Anda dapat menginstal Ubuntu Touch pada Nexus 5, audio tidak berjalan dengan baik dan Bluetooth tidak akan berfungsi.

Peringatan!

Pertama, panduan ini bukan ditujukan untuk pemula. Anda harus tahu bagaimana mengakses dan menggunakan command line Ubuntu, dan Anda harus siap menjalankan perangkat lunak versi beta yang belum sempurna dan tidak ada jaminan stabilitas. Jangan menginstal Ubuntu Touch pada perangkat utama Anda. Lakukan pengujian ini hanya jika Anda memiliki smartphone atau tablet cadangan.

Penting untuk dicatat bahwa proses instalasi ini akan akan menghapus total seluruh sistem operasi dan data yang ada di dalam perangkat Anda. Artinya, tidak hanya Android saja yang akan terhapus, melainkan juga seluruh aplikasi, foto, dan semua data lainnya. Anda harus terlebih dahulu membuat cadangan dari semua data yang perlu Anda selamatkan.

Kedua, proses ini menggunakan versi desktop Ubuntu untuk menginstal mobile OS pada perangkat Anda, sehingga Anda perlu laptop atau PC dengan sistem operasi Ubuntu.

Langkah 1:

Pada instalasi Ubuntu dalam PC Anda, pastikan universe archive diaktifkan. Itu adalah repositori perangkat lunak yang secara default mungkin non-aktif – Anda harus menghapus tanda # di depan repo tersebut dalam file /etc/apt/sources.list.

Anda dapat menemukan informasi rinci tentang cara mengatur repositori Ubuntu di sini.

Dengan Ubuntu universe archive yang sudah aktif, Anda akan bisa menginstal paket ubuntu-device-flash (perkakas utama untuk menginstal Ubuntu Touch) dengan langkah selanjutnya.

Langkah 2:

(Anda dapat melewatkan ini jika Anda menggunakan Ubuntu 14.04, sebab perkakas yang dibutuhkan telah terinstal secara default)

Anda membutuhkan perkakas dalam Phablet Tools PPA untuk menginstal Ubuntu Touch. Paket tersebut sudah disertakan dalam Ubuntu 12.04 Precise dan versi seterusnya.

Pada PC Anda, klik Ctrl + Alt + T untuk menjalankan terminal.

Tambahkan Phablet Tools PPA dengan mengetikkan :

sudo add-apt-repository ppa:phablet-team/tools

Pada Ubuntu 12.04, tambahkan Ubuntu SDK Release PPA dengan mengetik:

sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-sdk-team/ppa

Update sistem Anda untuk mengaktifkan paket-paket terbaru dengan mengetik:

sudo apt-get update

Instal paket ubuntu-device-flash dengan mengetik:

sudo apt-get install ubuntu-device-flash

Bantuan dengan perkakas ubuntu-device-flash bisa diakses dengan:

man ubuntu-device-flash

Ketikkan q untuk keluar dari man page.

Langkah 3:

Instal paket phablet-tools dengan mengetik:

sudo apt-get install phablet-tools

Akses daftar perkakas tersebut dengan mengetik:

dpkg -L phablet-tools | grep bin

Catat bahwa Anda dapat mengakses menu bantuan perkakas ini dengan menambahkan karakter h. Sebagai contoh:

phablet-config -h

Langkah 4:

Anda harus mengaktifkan Android Developer Mode pada perangkat Anda. Untuk melakukannya, buka menu Settings > About phone (atau About tablet). Lalu ketuk Build number tujuh kali dan akan muncul pop-up yang menyatakan bahwa Anda telah mengaktifkan mode developer.

Anda akan melihat menu baru di Settings, yakni opsi Developer. Pilih menu tersebut dan centang boks di samping USB Debugging. Dengan mengaktifkan USB Debugging, Anda akan bisa untuk mengirimkan command dari terminal ke perangkat Android Anda melalui koneksi USB.

Android USB Debugging
Android USB Debugging gambar:pcadvisor.co.uk

Langkah 5:

Hubungkan perangkat Android Anda melalui kabel USB ke PC. Anda akan diminta oleh Android untuk mengotorisasi koneksi tersebut.

Untuk memastikan koneksi berjalan dengan baik, ketikkan pada terminal:

adb devices

Anda mestinya akan melihat perangkat Android itu terdaftar dengan serangkaian angka dan huruf. Jika perangkat Anda tidak ditampilkan, coba ketikkan:

adb kill-server

Langkah 6:

Jika Anda belum melakukannya, sekaranglah waktunya untuk membuat cadangan aplikasi dan data yang ada dalam perangkat Android Anda. Selain itu, catatlah device type dan build ID perangkat Android Anda sebab mungkin Anda akan butuh menginstal ulang Android sesudah selesai melakukan pengujian ini (Anda harus mengunduh factory image dan menggunakan perkakas adb dan fastboot untuk melakukan instalasi ulang).

Anda bisa mengunduh factory images untuk perangkat Nexus di sini.

Langkah 7:

Untuk menginstal Ubuntu, Anda harus meng-unlock bootloader perangkat Android. Peringatan: Proses ini menyapu bersih seluruh isi ponsel atau tablet!

Untuk melakukannya, ketikkan pada terminal:

adb reboot bootloader

Perangkat Anda akan mengalami reboot dan menunjukkan layar sebagai berikut:

instalasi ubuntu touch di android
instalasi ubuntu touch di android gambar: pcadvisor.co.uk

Sekarang, lakukan unlock bootloader dengan mengetik:

sudo fastboot oem unlock

Anda akan melihat peringatan pada layar. Untuk mengubah dari no ke yes, gunakan pengatur volume, dan untuk memilih opsi, tekan tombol power.

Sekarang reboot perangkat dengan mengetik:

fastboot reboot

Anda akan memasuki layar initial setup Android. Tak perlu memasukkan informasi secara lengkap, sebab sesaat lagi Anda akan menghapus Android dan menggantinya dengan Ubuntu

Langkah 8:

Matikan perangkat Anda dengan tombol power.

Reboot dan masuk ke bootloader dengan menggunakan kombinasi tombol khusus sesuai untuk perangkat Anda – daftar selengkapnya kombinasi tombol untuk berbagai tipe Android lihat disini. Sebagai contoh, kombinasi untuk Nexus 5 adalah: volume up + volume down + power.

Install Ubuntu dengan mengetik:

ubuntu-device-flash --channel=devel --bootstrap

Proses instalasi akan berjalan secara otomatis. Proses ini akan memakan waktu cukup lama. Awalnya, image akan diunduh ke direktori ~/.cache/ubuntuimages pada PC, kemudian akan ditransfer ke smartphone atau tablet Anda.

Saat mulai menjalankan Ubuntu Touch di perangkat Android, Ubuntu awalnya akan berfungsi sebagai recovery image yang dipergunakan untuk booting. Kemudian, Ubuntu akan diinstal sebagai OS secara mandiri. Pada reboot berikutnya, Ubuntu akan dijalankan sebagai sistem operasi default.

Langkah 9:

Setelah menginstal Ubuntu, Anda perlu mengakses menu Settings > Update untuk memperoleh versi terbaru, juga untuk memilih apakah pembaruan akan diinstal secara otomatis atau manual.

Untuk langkah-langkah instalasi yang lebih lengkap, silakan kunjungi laman resmi Installing Ubuntu on devices.
Jika Anda mengalami permasalahan, silakan ajukan pertanyaan dengan deskripsi selengkap mungkin ke situs askubuntu untuk memperoleh jawaban dari para pengguna Ubuntu Touch di seluruh dunia.


Sumber: How to install Ubuntu Touch on your Android phone or tablet di pcadvisor.co.uk

There are 25 comments

Tuliskan pendapatmu

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *