Node.js

Nama lain: Node
Definisi Node.js

Node.js adalah runtime environment multiplatform sumber terbuka untuk aplikasi server dan jaringan, yang pengembangannya didukung oleh Node.js Foundation (sebuah Collaborative Project di bawah Linux Foundation).

Aplikasi-aplikasi Node.js yang ditulis dalam JavaScript dapat dijalankan di dalam runtime Node.js pada OS X, Windows, Linux, FreeBSD, NonStop, IBM AIX, IBM System z dan IBM i.

Node.js menyajikan arsitektur event-driven dan non-blocking I/O API untuk mengoptimalkan skalabilitas aplikasi. Karakter ini umum dipakai untuk aplikasi web real-time.

Node.js memanfaatkan Google V8 JavaScript engine untuk mengeksekusi kode, dengan sebagian besar modul dasar dituliskan dalam JavaScript. Ia juga memuat sebuah built-in library yang memampukan aplikasi bekerja sebagai server web tanpa menggunakan perangkat lunak khusus semacam Apache HTTP Server atau IIS.

Node.js telah banyak diadopsi sebagai platform server oleh sejumlah perusahaan besar, termasuk IBM, Microsoft, Yahoo!, Walmart, Groupon, SAP, LinkedIn, Rakuten, PayPal, Voxer, dan GoDaddy.



Organisasi + Perusahaan

Node.js Foundation


Catatan + Referensi