REST (representational state transfer)

Definisi REST (representational state transfer)

REST (REpresentational State Transfer) adalah suatu arsitektur metode komunikasi yang sering diterapkan dalam pengembangan layanan berbasis web.

Arsitektur REST, yang umumnya dijalankan via HTTP (Hypertext Transfer Protocol), melibatkan proses pembacaan laman web tertentu yang memuat sebuah file XML atau JSON. File inilah yang menguraikan dan memuat konten yang hendak disajikan. Setelah melalui sebuah proses definisi tertentu, konsumen akan bisa mengakses antarmuka aplikasi yang dimaksudkan.

Kekhasan REST terletak pada interaksi antara klien dan server yang difasilitasi oleh sejumlah tipe operasional (verba) dan Universal Resource Identifiers (URIs) yang unik bagi tiap-tiap sumberdaya. Masing-masing verba – GET, POST, PUT dan DELETE – memiliki makna operasional khusus untuk menghindari ambiguitas.

REST kerap dipergunakan dalam mobile application, situs web jejaring sosial, mashup tools, dan automated business processes.

Arsitektur REST yang decoupled (terpisah) serta beban komunikasi yang ringan antara produsen dan konsumen membuatnya populer di dunia cloud-based API, seperti yang disajikan oleh Amazon, Microsoft, dan Google.

Layanan berbasis web yang menggunakan arsitektur REST semacam itu dinamakan RESTful APIs (Application Programming Interfaces) atau REST APIs.

 




Catatan + Referensi
  • Belajar tentang REST di REST API Tutorial.
  • Spesifikasi pengembangan JSON API.
  • Daftar sumberdaya mengenai arsitektur, pengembangan, pengujian, dan performa RESTful API di Awesome REST.
  • Kumpulan skema-skema yang merujuk pada model data umum di Schema.org.