in Kronik Webmaster

Flat File CMS: Definisi, Keunggulan, dan 8 Rilis Terpopuler

Tren pengembangan web saat ini adalah menjamurnya flat-file CMS (disebut juga file-based CMS), berikut ini definisi, keunggulan, dan 8 besar flat-file CMS terpopuler – open source only!


Definisi Flat-File CMS

Sistem manajemen konten berkas murni atau flat-file CMS adalah sebuah perangkat lunak untuk menyusun, menyimpan, menampilkan, dan mengatur penyajian konten web hanya dengan menggunakan berkas dan folder saja, tanpa memerlukan basis data seperti CMS tradisional.

Database-driven CMS menjalankan proses pemanggilan kueri ke basis data guna menyajikan konten, sedangkan flat-file CMS langsung menampilkan konten yang dikehendaki pengunjung dari sebuah struktur file dan folder yang simpel.

Sebagian pengembang web keliru menganggap sistem manajemen berkas murni sama saja dengan model situs web statis (static web) yang ketinggalan zaman, dimana para admin web harus mengolah satu per satu berkas HTML untuk disajikan. Faktanya, flat-file CMS benar-benar mematuhi hakikat fungsional CMS, yakni menyederhanakan proses pengelolaan konten tanpa direpotkan dengan urusan struktur HTML dan gaya CSS.


Keunggulan Flat-File CMS

Berikut ini adalah kelebihan sistem manajemen konten tanpa basis data:

  • Cepat – tanpa harus berkomunikasi dengan database untuk memanggil konten, situs berkas murni sangat cepat memuat dan menyajikan laman.

  • Amandatabase adalah titik rentan terhadap serangan peretas, sistem tanpa basis data terbebas dari lubang keamanan potensial ini.

  • Mudah – tanpa perlu mengkonfigurasikan basis data, proses instalasi hanya melibatkan aktivitas pengunggahan berkas-berkas saja.

  • Ringan – inang web atau server tak lagi dibebani dengan penggunaan basis data yang cenderung memberatkan, sekaligus bebas dari kinerja sistem backup (pencadangan) database yang boros memori.

  • Terkontrol – Kontrol versi (version control) menjadi sedemikian simpel dan transparan.

  • Portabel – sebuah situs dapat dengan mudah dipindahkan (migrasi) ke inang lain tanpa proses ekspor-impor dan konfigurasi ulang basis data.


Faktor Eksternal Pendorong Menjamurnya Flat-File CMS

Popularitas Github dan Makin Pentingnya Version Control

Github melejit pada 2013 hingga membuka mata para desainer dan developer mengenai vitalnya kontrol versi. Transparansi perubahan kode sumber, kecepatan interaksi, dan kemudahan kolaborasi membuat version control menjadi pilihan wajib setiap proyek berbasis web.

Berkembangnya Layanan Tertanam (Embedded) seperti Disqus, Vimeo, Flickr

Pendelegasian tugas penyajian konten-konten rakus bandwith seperti komentar berantai (threaded comments), high definition video, image resolusi tinggi kepada layanan pihak ketiga sangat menghemat konsumsi sumber daya server web.

Keberadaan third-party services tersebut memastikan ukuran situs tetap minimal dengan kemampuan menyajikan konten dan fitur maksimal. Terima kasih pada sistem periklanan modern yang memampukan para penyedia layanan itu memberikan berbagai fasilitas gratis bagi kita ;)


Pengguna Flat-File CMS

Sistem manajemen konten berkas murni sangat cocok untuk dimanfaatkan oleh para blogger maupun jurnalis yang mengutamakan kemudahan dan kecepatan dalam membuat dan mengelola konten. Sedangkan situs-situs komersial atau institusi raksasa, untuk sementara ini CMS kompleks dengan tata kelola database masih belum bisa ditinggalkan.


8 Open Source Flat-File CMS Terpopuler

Pico

logo Pico CMS

Kini tersedia Pico versi Indonesia!


Monstra

logo Monstra CMS


GetSimple

logo GetSimple CMS


Feindura

logo Feindura CMS


RazorCMS

logo RazorCMS


Dropplets


FlatPress

logo FlatPress


Jekyll

logo Jekyll CMS


Sumber referensi: TypeAndGrids.com dan Queness.com

This work, unless otherwise expressly stated, is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Silakan beri opini Anda

Comment

  1. Menarik, sekilas bertanya-tanya tentang cara searching-nya bagaimana ya? sedangkan jika menggunakan DBMS cukup select * from where…
    Nanti deh saya pelajari, informasi menarik.