Katalog Linux 2016: Distro, Desktop, Aplikasi, Buku, Referensi

Ini adalah daftar distro, desktop, window manager, software/aplikasi, dan referensi tentang Linux yang ditulis ulang oleh Eka Y Saputra berdasarkan Awesome Linux Resources.

Daftar Isi

Distro Linux

Distro Linux untuk Pemula

elementary OS

elementary OS adalah distro desktop berbasis Ubuntu. Sejumlah fitur menariknya antara lain desktop environment kustom bernama Pantheon dan beberapa aplikasi kustom termasuk Photos, Music, Videos, Calendar, Terminal, Files, dll. Distro ini juga memuat aplikasi terkenal seperti browser web Midori dan Geary mail.

Versi terbaru: elementary OS Freya (0.3.2)

Desktop bawaan: Pantheon

Website: elementary.io

Tampilan desktop Pantheon di elementary OS


Fedora

Fedora (dulunya Fedora Core) adalah distro Linux yang dikembangkan oleh proyek komunitas Fedora Project dan dimiliki oleh Red Hat. Fedora memuat software yang didistribusikan di bawah lisensi merdeka dan sumber terbuka dan bertujuan untuk menjadi garda depan dari teknologi semacam ini. Fedora dikenal fokus pada inovasi, mengintegrasikan teknologi baru sedini mungkin, dan berhubungan erat dengan komunitas garda depan Linux. Desktop bawaan Fedora ialah GNOME dan antarmuka bawaannya adalah GNOME Shell. Desktop lainnya, termasuk KDE, Xfce, LXDE, MATE, dan Cinnamon juga tersedia. Fedora Project juga mendistribusikan sejumlah varian kustom Fedora yang disebut sebagai Fedora spins. Varian tersebut dibangun dengan seperangkat khusus paket software, menyajikan desktop alternatif atau menyasar minat khusus seperti gaming, keamanan, desain, komputasi saintifik dan robotik.

Versi terbaru: Fedora Twenty Four (24)

Desktop bawaan: GNOME Website: getfedora.org

Tampilan desktop GNOME di Fedora


Linux Mint

Linux Mint adalah distro berbasis Ubuntu yang bertujuan untuk menyajikan pengalaman yang berbeda termasuk plugin browser, media codecs, dukungan playback DVD, Java, dan komponen lainnya. Linux Mint juga menambahkan sebuah desktop dan menu kustom, sejumlah perkakas konfigurasi unik, dan antarmuka instalasi paket berbasis web. Linux Mint kompatibel dengan repositori software Ubuntu.

Versi terbaru: Rosa (17.3)

Desktop bawaan: Cinnamon dan MATE Website: linuxmint.com

Tampilan desktop Cinnamon di Linux Mint


Ubuntu

Ubuntu adalah sebuah sistem operasi desktop Linux yang lengkap, tersedia merdeka dengan dukungan komunitas dan profesional. Komunitas Ubuntu dibangun di atas ide yang tertulis dalam Ubuntu Manifesto: bahwa software harus tersedia gratis, bahwa perkakas software harus bisa digunakan oleh masyarakat dalam bahasa lokal mereka dan mengatasi segala keterbatasan, dan bahwa masyarakat harus memiliki kemerdekaan untuk mengustomisasi dan mengubah software mereka dengan metode apapun yang dianggap sesuai. “Ubuntu” adalah sebuah kata kuno dari Afrika yang berarti “kemanusiaan untuk sesama”. Distro Ubuntu membawa semangat Ubuntu ke dalam dunia software.

Versi terbaru: Ubuntu 16.04 (Xenial Xerus)

Desktop bawaan: Unity Website: ubuntu.com

Tampilan desktop Unity di Ubuntu


Distro Linux untuk Pengguna Berpengalaman

CentOS

CentOS adalah sebuah komunitas kontributor dan pengguna software sumber terbuka. Pengguna CentOS terdiri dari organisasi dan perorangan yang tidak membutuhkan dukungan komersial untuk menyukseskan operasinya. CentOS dibangun dan kompatibel 100% dari Red Hat Enterprise Linux, serta memenuhi persyaratan redistribusi Red Hat. CentOS diperuntukkan bagi pengguna yang membutuhkan stabilitas sistem operasi kelas enterprise tanpa dibebani biaya dukungan dan sertifikasi.

Versi terbaru: CentOS 7.1602

Desktop bawaan: GNOME Website: centos.org

Tampilan desktop GNOME di CentOS


Debian

Debian Project adalah asosiasi individu yang bersepakat untuk menciptakan sebuah sistem operasi merdeka. Sistem operasi ini dinamakan Debian GNU/Linux, singkatnya, Debian. Sistem Debian saat ini menggunakan kernel Linux. Debian menyajikan lebih dari 50.000 paket (software terkompilasi yang dibundel dalam sebuah format rapi untuk memudahkan instalasi di komputer kita) yang seluruhnya gratis. Strukturnya seperti menara, dengan kernel di dasarnya, di atasnya terdapat perkakas-perkakas dasar, di atasnya lagi ada berbagai aplikasi yang biasa kita pergunakan untuk bekerja. Di puncaknya adalah Debian – pengelola seluruh komponen agar dapat bekerja dengan baik.

Versi terbaru: Debian Jessie (8.5)

Desktop bawaan: GNOME Website: debian.org

Tampilan desktop GNOME di Debian


Mageia

Mageia adalah fork dari Mandriva Linux yang dibentuk pada September 2010 oleh mantan pekerja dan kontributor di sebuah distro Linux Prancis yang populer. Berbeda dengan Mandriva yang merupakan sebuah entitas komersial, proyek Mageia adalah sebuah proyek komunitaas dan organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem operasi gratis berbasis Linux.

Versi terbaru: Mageia 5

Desktop bawaan: KDE Website: mageia.org

Tampilan desktop KDE di Mageia


Manjaro

Manjaro Linux adalah sistem operasi desktop yang ramah pengguna dan cepat berbasis Arch Linux. Fitur-fitur utamanya termasuk proses instalasi intuitif, deteksi hardware otomatis, model rolling-release stabil, kemampuan untuk menginstal berbagai kernel, script Bash khusus untuk mengelola graphics driver dan konfigurabilitas desktop ekstensif. Manjaro Linux menyajikan Xfce sebagai opsi desktop inti, juga edisi Net minimalis untuk para pengguna tingkat mahir. Varian dengan desktop GNOME 3/Cinnamon dan KDE tersedia dengan dukungan komunitas. Pengguna juga diuntungkan dengan forum komunitas Manjaro yang hidup dan suportif. Versi terbaru: Tidak ada, menggunakan sistem rolling release.

Desktop bawaan: Xfce, KDE

Website: manjaro.org

Tampilan desktop KDE di Manjaro


openSUSE

Proyek openSUSE adalah sebuah program komunitas ang disponsori oleh SUSE Linux dan sejumlah perusahaan lainnya. Demi mempromosikan penggunaan Linux, program ini menyajikan akses mudah dan gratis ke open SUSE, sebuah distro Linux utuh. Proyek openSUSE memiliki tiga tujuan utama: menjadikan openSUSE sebagai distro Linux paling mudah diperoleh oleh siapapun dan paling banyak dipakai; mendorong kolaborasi sumber terbuka agar openSUSE menjadi distro dan desktop Linux paling banyak dipakai di dunia oleh para pengguna pemula maupun berpengalaman; menyederhanakan dan membuka proses pengembangan dan pemaketan agar openSUSE menjadi platform pilihan bagi para pengembang dan vendor software Linux. Distro ini juga menyajikan versi rolling release bernama Tumbleweed bagi para pengguna berpengalaman. Versi terbaru: openSUSE 42.1 Desktop bawaan: KDE, GNOME, Xfce, LXDE

Website: opensuse.org

Tampilan desktop KDE di openSUSE


Distro Linux untuk Pengguna Mahir

Arch Linux

Arch Linux adalah distro Linux independen yang menyasar para pengguna Linux kompeten. Distro ini menggunakan ‘pacman’, manajer paket buatan sendiri, untuk menyajikan pembaruan ke aplikasi software termutakhir dengan penjejakan dependensi penuh. Menjalankan sistem rolling release, Arch bisa diinstal dari sebuah CD image maupun via FTP server. Instalasi bawaannya menyajikan basis yang solid yang memampukan pengguna untuk membuat sebuah instalasi kustom. Selain itu, Arch Build System (ABS) menyajikan sebuah metode mudah untuk membuat paket baru, memodifikasi konfigurasi paket yang tersedia, serta membagikan paket-paket tersebut dengan pengguna lainnya via repositori pengguna Ach Linux.

Versi terbaru: Tidak ada, menggunakan sistem rolling release.

Desktop bawaan: Tidak ada.

Website: archlinux.org


Distro Linux dengan Fungsionalitas Khusus

CoreOS

CoreOS adalah sistem operasi berbasis Linux untuk server. Dirancang dan dibangun terutama untuk pusat data modern, CoreOS menyajikan perkakas-perkakas khusus untuk membuat sistem aman, handal, dan up-to-date. Beberapa fitur menarik dari distro ini termasuk pembaruan handal dan patch via FastPatch, sebuah dasbor untuk mengelola rolling updates via CoreUpdate, sebuah docker untuk memaket aplikasi, juga dukungan untuk perangkat keras dan berbagai provider cloud.

Spesialisasi: Clusters

Versi terbaru: CoreOS 1032.1.0

Website: coreos.com


Kali Linux

Kali Linux (dulunya BackTrack) adalah distro berbasis Debian dengan sekumpulan perkakas keamanan dan forensik. Distro ini menyajikan pembaruan keamanan berkala, dukungan untuk arsitektur ARM, pilihan empat desktop populer, dan upgrade bebas hambatan ke versi-versi terbaru.

Spesialisasi: Penetration testing

Versi terbaru: Kali Linux 2016.1 (versi rolling release pertama)

Website: kali.org


Puppy Linux

Puppy Linux adalah distro Linux dengan ukuran luar biasa kecil namun penuh fitur. Puppy menjalankan boot ke ramdisk dan, berbeda dengan distro live CD yang harus menarik beberapa komponen dari CD, Puppy dimuat ke RAM. Artinya, seluruh aplikasi dijalankan sekejap mata dan merespon input dari pengguna secara instan. Puppy Linux memiliki kemampuan untuk boot dari sebuah flash card atau perangkat memori USB, CDROM, Zip disk atau LS/120/240 Superdisk, floppy disks, internal hard drive. Distro ini bahkan bisa menggunakan CD-RW/DVD-RW yang diformat berulangkali untuk menyimpan semuanya ke CD/DVD tanpa memerlukan hard drive sama sekali.

Spesialisasi: Komputer berspesifikasi rendah.

Versi terbaru: Puppy Linux 6.3 Website: puppylinux.org

Tampilan Puppy Linux


Ubuntu Studio

Ubuntu Studio adalah sebuah varian Ubuntu yang ditujukan untuk para peminat maupun profesional audio, video dan grafis. Distro ini menyajikan sekumpulan aplikasi sumber terbuka untuk kreasi multimedia.

Spesialisasi: Kreasi multimedia.

Versi terbaru: Ubuntu Studio 16.04

Website: ubuntustudio.org

Tampilan Ubuntu Studio


Referensi Linux

Buku-buku Linux

The Linux Command Line (4.34)

Unduhan: linuxcommand.org

The Debian Administrator’s Handbook

Baca online: debian-handbook.info


Kursus Linux

Introduction to Linux (LFS101x.2)

Laman di edX: courses.edx.org

Linux Alternatives to Windows Applications

Laman di udemy: udemy.com

Learn Linux The Hard Way

Laman di archive: web.archive.org


Desktop Linux & Window Manager

GNOME

GNOME 3 adalah cara mudah dan elegan untuk mengoperasikan komputer Anda. Ia dirancang untuk meletakkan kendali di tangan Anda dan menyajikan kemerdekaan bagi setiap pengguna. GNOME 3 dikembangkan oleh komunitas GNOME, kelompok internasional para kontributor yang beragam dan didukung oleh sebuah yayasan nirlaba independen.

Website: gnome.org

Tampilan desktop GNOME


KDE

KDE® Community ialah sebuah tim teknologi internasional yang didedikasikan untuk menciptakan pengalaman komputasi gratis yang ramah pengguna, menyajikan desktop grafikal canggih, berbagai varian aplikasi untuk komunikasi, kerja, pendidikan, hiburan, serta platform yang mudah untuk dibuatkan aplikasi. Kami berfokus pada penemuan solusi-solusi inovatif atas masalah-masalah lama dan baru, mewujudkan atmosfer yang hidup dan terbuka untuk eksperimentasi.

Website: kde.org

Tampilan desktop KDE


Xfce

Xfce adalah desktop ringan untuk sistem operasi mirip-UNIX. Ia dirancang agar cepat dan irit penggunaan sumberdaya sistem, sekaligus tetap menarik secara visual dan ramah pengguna.

Website: xfce.org

Tampilan desktop Xfce


LXDE

“Lightweight X11 Desktop Environment” adalah desktop dengan performa kilat dan hemat energi. Dikelola oleh sebuah komunitas internasional para pengembang, ia hadir dengan antarmuka cantik, dukungan multi bahasa, keyboard shortcut standar dan fitur-fitur tambahan seperti file browser multitab. LXDE lebih irit CPU dan RAM dibanding lainnya. Ia dirancang khususnya untuk komputer cloud dengan spesifikasi hardware rendah, seperti netbook, perangkat mobile (mis. MID) atau komputer lawas. LXDE bisa diinstal pada berbagai distro Linux termasuk Debian, Fedora, OpenSUSE, dan Ubuntu. Desktop ini merupakan standar untuk Knoppix dan lubuntu. LXDE juga berjalan pada OpenSolaris dan BSD. LXDE menyajikan pengalaman desktop kilat; koneksi mudah dengan aplikasi di cloud. LXDE mendukung berbagai program yang bisa diinstal secara lokal pada sistem Linux. Kode sumber LXDE sebagian berlisensi GNU General Public License dan sebagian berlisensi LGPL.

Website: lxde.org

Tampilan desktop LXDE


Cinnamon

Cinnamon berupaya untuk menyajikan pengalaman pengguna tradisional. Cinnamon adalah fork dari GNOME 3.

Website: cinnamon.linuxmint.com

Tampilan desktop Cinnamon


EDE

EDE adalah desktop ringan yang dibangun agar responsif, irit pengunaan sumberdaya dan memiliki tampilan dan rasa yang familiar.

Website: equinox-project.org

Tampilan desktop EDE


Enlightenment

Enlightenment desktop shell menyajikan window manager yang efisien berbasis Enlightenment Foundation Libraries disertai komponen desktop esensial lainnya seperti file manager, ikon dan widget desktop. Ia mendukung sejumlah tema sekaligus mampu berjalan pada hardware lawas maupun embedded devices.

Website: enlightenment.org

Tampilan desktop Enlightenment


LXQt

LXQt adalah port dari Qt dan versi mendatang LXDE. Ia merupakan hasil perpaduan antara proyek LXDE-Qt dan Razor-qt: Desktop yang ringan, modular, secepat kilat dan ramah pengguna.

Website: lxqt.org

Tampilan desktop LXQt


MATE

Mate menyajikan desktop intuitif dan atraktif bagi pengguna Linux dengan metafor-metafor tradisional. MATE merupakan fork dari GNOME 2.

Website: mate-desktop.org

Tampilan desktop MATE


Pantheon

Pantheon adalah desktop bawaan yang awalnya diciptakan untuk distro elementary OS. Ia dibangun dari nol menggunakan Vala dan GTK3 toolkit. Demi kemudahan penggunaan dan penampilan, desktop ini memiliki sejumlah kemiripan dengan GNOME Shell dan Mac OS X.

Website: elementary.io

Tampilan desktop Pantheon


Unity

Unity adalah shell untuk GNOME yang dirancang oleh Canonical untuk Ubuntu.

Website: unity.ubuntu.com

Tampilan desktop Unity


X Windows Manager

9wm

9wm adalah X window manager yang berupaya untuk mengemulasi Plan 9 window manager 8-1/2 sebaik mungkin dengan segala keterbatasan X.

Website: unauthorised.org


awesome

awesome adalah framework window manager untuk X dengan fitur konfigurasi lengkap. awesome berkecepatan tinggi, ekstensibel, dan berlisensi GNU GPLv2.

Website: awesomewm.org

Tampilan desktop awesome


Blackbox

Blackbox adalah window manager untuk X Window System yang ringan dan cepat, tanpa dependensi library yang merepotkan. Blackbox dibangun dengan C++ dan memuat kode orisinal (meskipun implementasi grafisnya mirip dengan WindowMaker).

Website: blackboxwm.sourceforge.net

Tampilan desktop Blackbox


bspwm

bspwm adalah tiling window manager yang menampilkan jendela aplikasi sebagai lembar-lembar dari sebuah pohon biner.

Website: github.com/baskerville/bspwm


Compiz

OpenGL compositing window manager yang memiliki sistem plug-in yang bisa diubah saat runtime.

Website: launchpad.net/compiz

Tampilan desktop Compiz


dwm

dwm adalah dynamic window manager for X. dwm mengelola jendela aplikasi dalam tataletak tiled, monocle dan floating. Semua tataletaknya bisa diterapkan secara dinamis untuk mengoptimalisasi penggunaan aplikasi dan task.

Website: dwm.suckless.org

Tampilan desktop dwm


Enlightenment

Enlightenment bukan sekedar window manager untuk Linux/X11, namun sekaligus seperangkat library untuk membantu Anda menciptakan antarmuka pengguna dengan sesedikit mungkin kerja dibandingkan perkakas tradisional pada umumnya.

Website: enlightenment.org

Tampilan desktop Enlightenment


Fluxbox

Fluxbox adalah windowmanager untuk X berbasis kode Blackbox 0.61.1. Ia irit sumberdaya dan mudah dikelola, kaya fitur untuk mewujudkan pengalaman desktop yang mudah dan cepat, dibangun dengan C++ dan berlisensi MIT.

Website: fluxbox.org

Tampilan desktop Fluxbox


FVWM

FVWM adalah ICCCM-compliant multiple virtual desktop window manager untuk X Window system.

Website: fvwm.org

Tampilan desktop FVWM


i3

i3 adalah tiling window manager yang dibangun dari nol dengan kode Free and Open Source Software (FOSS) berlisensi BSD. Ia menyasar pengguna tingkat mahir dan para pengembang dengan platform sistem operasi GNU/Linux dan BSD.

Website: i3wm.org

Tampilan desktop i3


IceWM

IceWM adalah window manager untuk X Window System (freedesktop, XFree86). IceWM berfokus pada kecepatan, simplisitas, dan tidak menghambat kinerja penggunanya.

Website: icewm.org

Tampilan desktop IceWM


JWM

JWM adalah window manager ringan untuk X11 Window System. JWM ditulis dalam C dan hanya menggunakan Xlib pada situasi minimum. Dengan footprint kecil, JWM menyajikan window manager yang baik untuk komputer lawas dan sistem tingkat bawah, semisal Raspberry Pi, meskipun ia juga sangat bisa digunakan dalam sistem operasi modern.

Website: joewing.net/projects/jwm

Tampilan desktop JWM


Matchbox

Matchbox adalah environment sumber terbuka untuk X Window System yang dijalankan pada non-desktop embedded platforms seperti perangkat genggam, set-top boxes, kiosks dan lain-lain dengan ruang layar, meknisme input, ataupun sumberdaya sistem yang terbatas.

Website: yoctoproject.org/tools-resources/projects/matchbox


Mutter

Mutter adalah window manager untuk X Window System, dan sedang dalam proses menjadi sebuah Wayland compositor; ia adalah window manager bawaan GNOME 3 menggantikan Metacity.

Website: download.gnome.org/sources/mutter


Openbox

Openbox adalah window manager dengan konfigurabilitas tinggi dan dukungan standar yang ekstensif.

Website: openbox.org

Tampilan desktop Openbox


pekwm

pekwm adalah window manager yang dulunya berbasis aewm++ window manager, namun telah berevolusi hingga tak lagi menyerupai aewm++ sama sekali.

Website: pekwm.org

Tampilan desktop pekwm


ratpoison

Ratpoison adalah Window Manager sederhana tanpa dependensi library yang berat, tanpa grafis yang rumit, tanpa dekorasi jendela aplikasi, dibangun dengan model GNU Screen yang menyumbangkan berbagai fitur bagi pasar terminal virtual.

Website: nongnu.org/ratpoison

Tampilan desktop ratpoison


Sawfish

Sawfish adalah window manager ekstensibel yang menggunakan bahasa script berbasis Lisp. Dengan policy yang minimalis dibandingkan kebanyakan window manager, ia ditargetkan untuk pengelolaan jendela aplikasi dengan cara seatraktif dan sefleksibel mungkin.

Website: sawfish.tuxfamily.org

Tampilan desktop Sawfish


wmii

Window manager kecil yang scriptable dengan antarmuka 9P filesystem dan tataletak ala acme.

Website: code.google.com/p/wmii

Tampilan desktop wmii


xmonad

xmonad adalah tiling X11 window manager dinamis yang dibangun dan dikonfigurasikan dalam Haskell. Berbeda dengan WM normal yang mengharuskan kita menghabiskan banyak waktu untuk mengatur tataletak jendela aplikasi, xmonad menyajikan automasi proses tersebut.

Website: xmonad.org

Tampilan desktop xmonad


Aplikasi Linux

Software Linux berbasis Konsol/CLI/Terminal

cmus

Pemutar musik ringan, cepat, dan kaya fitur bagi sistem operasi Unix-like.

Website: cmus.github.io

Tampilan cmus


fuck

Perkakas command line untuk mengoreksi perintah yang salah ketik.

Website: github.com/nvbn/thefuck

Tampilan fuck


git

Git adalah sistem kontrol versi terdistribusi bebas dan sumber terbuka yang dirancang untuk menangani proyek dalam skala apapun dengan cepat dan efisien. Git mudah dipelajari dan memiliki footprint kecil dan performa tinggi. Ia melampaui perkakas SCM seperti Subversion, CVS, Perforce, dan ClearCase dengan fitur-fitur local branching, staging areas, dan multiple workflows.

Website: git-scm.com


glances

cross-platform curses-based system monitoring tool yang ditulis dalam Python.

Website: nicolargo.github.io/glances

Tampilan glances


htop

task manager antarmuka terminal yang dengan tampilan rapi dan bisa dikustomisasi.

Website: hisham.hm/htop

Tampilan htop


nano

GNU nano (atau nano) adalah editor teks yang dimaksudkan untuk mengenalkan antarmuka simpel dan opsi perintah intuitif bagi penuntingan teks berbasis konsol. nano mendukung berbagai fitu termasuk colorized syntax highlighting, DOS/Mac file type conversions, spellchecking dan UTF-8 encoding. nano dimulai dengan empty buffer yang biasanya membutuhkan resident memory di bawah 1,5 MB.

Website: nano-editor.org

Tampilan nano


photorec

Mengembalikan file-file yang terhapus.

Website: cgsecurity.org/wiki/PhotoRec

Tampilan photorec


ranger

Filemanager untuk konsol yang terinspirasi oleh VIM.

Website: ranger.nongnu.org

Tampilan ranger


screenFetch

Memanggil informasi sistem/tema di terminal untuk screenshot desktop Linux.

Website: github.com/KittyKatt/screenFetch


speed-test

Menguji kecepatan dan ping koneksi internet menggunakan speedtest.net di CLI.

Website: github.com/sindresorhus/speed-test

Tampilan speed-test


testdisk

Mengembalikan partisi yang hilang.

Website: cgsecurity.org/wiki/TestDisk

Tampilan testdisk


tig

Tig adlah antarmuka mode teks berbasis ncurses untuk git. Dengan fungsi utama sebagai penelusur repositori Git, ia juga bisa membantu menyimpan perubahan untuk commit pada level tertentu dan berperan sebagai penampil output untuk berbagai perintah Git.

Website: jonas.nitro.dk/tig

Tampilan tig


vim

Vim adalah editor teks canggih yang menyajikan fitur yang lebih lengkap dari editor Unix ‘Vi’.

Website: vim.org

Tampilan vim


vtop

Perkakas command-line seperti “top” menyulitkan untuk memeriksa penggunaan CPU, peningkatan kebutuhan sumberdaya, dan penggunaan memori oleh aplikasi multi proses seperti Apache dan Chrome. Vtop adalah monitor aktivitas bebas dan sumber terbuka untuk command line. Dibangun dengan node.js dan mudah dikembangkan.

Website: parall.ax/vtop

Tampilan vtop


wavemon

Aplikasi monitoring berbasis ncurses untuk perangkat jaringan nirkabel.

Website: github.com/uoaerg/wavemon

Tampilan wavemon


Software Linux dengan Antarmuka Grafis/GUI

Berbasis GNOME

Geany

Editor teks dan IDE GTK ringan yang mudah dikembangkan dengan plugin.

Website: geany.org

Tampilan Geany


Gedit

Gedit (GNOME text editor) adalah editor teks yang berfokus pada kemudahan penggunaan dan simplisitas.

Website: wiki.gnome.org/Apps/Gedit

Tampilan Gedit


Gnome Builder

Builder is a new IDE for GNOME that is focused on bringing the power of our platform to more developers than ever before. It is currently under heavy development and needs your help to become a success.

Website: wiki.gnome.org/Apps/Builder

Tampilan Gnome Builder


Tidak berbasis desktop environment

GParted

GParted adalah software untuk partisi paling populer dan banyak distro Linux yang sudah memuatnya secara bawaan.

Website: gparted.org

Tampilan GParted


Zathura

Zathura adalah penampil dokumen fungsional dan mudah dikustomisasi dengan antarmuka minimalis dan irit ruangan, memudahkan penggunaan hanya dengan interaksi keyboard.

Website: pwmt.org/projects/zathura

Tampilan Zathura


Berbasis desktop environment lainnya

Y PPA Manager (Ubuntu)

Aplikasi pencari paket di Launchpad PPA.

Website: launchpad.net/y-ppa-manager

Tampilan Y PPA Manager


PacmanXG (Arch)

Antarmuka GUI untuk pacman. Tanpa dependensi GTK+ maupun Qt, hanya X11.

Website: aur.archlinux.org/packages/pacmanxg/


pirut (Fedora)

pirut menyajikan seperangkat perangkat grafikal untuk mengelola software.

Website: fedoraproject.org/wiki/Tools/pirut

Tampilan pirut


Synaptics (Debian dan .deb)

Synaptic adalah program manajemen paket grafikal untuk apt. Ia menyajikan fitur-fitur yang sama dengan utilitas command line apt-get dengan antarmuka GUI berbasis Gtk+.

Website: nongnu.org/synaptic

Tampilan Synaptics


YaST (openSUSE)

YaST adalah perkakas manajemen paket utama pada openSUSE.

Website: en.opensuse.org/YaST_Software_Management

Tampilan YaST


YumEx (Fedora)

YumEx adalah GUI untuk manajer paket dnf, ditulis dalam Python dan menggunakan PyGTK toolkit untuk komponen GUI.

Website: fedorahosted.org/yumex

Tampilan YumEx


Yaourt (Arch)

Yaourt (Yet AnOther User Repository Tool) adalah wadah untuk pacman yang menambahkan akses terotomatisasi pada AUR denga sintaks yang sama dengan pacman.

Website: archlinux.fr/yaourt-en

Tampilan


Aura (Arch)

Manajer paket multilingual yang aman untuk Arch Linux dan AUR.

Website: github.com/aurapm/aura


Manajemen Paket berbasis Distro


Website tentang Linux

Compute Freely

Situs yang ramah bagi pengguna yang penasaran mengenai Free & Open Source Software dan Linux.

Website: computefreely.org


AlternativeTo

Temukan alternatif yang lebih baik daripada software yang telah Anda gunakan atau temukan pengganti bagi software yang tak bisa atau tak ingin Anda pakai.

Website: alternativeto.net/platform/linux


Linux Foundation

Linux Foundation adalah konsorsium nirlaba yang didedikasikan untuk memelihara pengembangan Linux. Didirikan tahun 2000, The Linux Foundation mensponsori kerja pencipta Linux – Linus Torvalds – dan didukung oleh perusahaan dan pengembang umber terbuka Linux dari seluruh penjuru dunia.

Website: linuxfoundation.org


Linux.com

Dari dan untuk komunitas, Linux.com berupaya menjadi pusat informasi, software, dokumentasi Linux.

Website: linux.com


Kernel.org

Linux Kernel Organization adalah sebuah California Public Benefit Corporation yang didirikan pada 2002 untuk mendistribusikan kernel Linux dan software sumber terbuka lainnya tanpa biaya bagi publik.

Website: kernel.org


Opensource.com

Opensource.com adalah publikasi daring yang fokus pada bagaimana sumber terbuka diterapkan pada berbagai wilayah berbeda termasuk bisnis, edukasi, pemerintahan, kesehatan, hukum, dan berbagai disiplin lainnya.

Website: opensource.com


Distrowatch

DistroWatch dipublikasikan mulai 31 Mei 2001 menyajikan tabel informasi yang cukup komprehensif mengenai berbagai distro Linux.

Website: distrowatch.com


Linux Today

Situs agregator berita dan fitur Linux dan sumber terbuka.

Website: linuxtoday.com