Mainkan Game Klasik Gratis di Browsermu

Hampir 2.400 game-game MS-DOS kini bisa kamu mainkan cuma-cuma secara online di Internet Archive. Artinya: banyak orang dari generasi tertentu yang akan bisa memainkan game-game yang pernah mereka mainkan saat masih kanak-kanak.

Internet Archive memang cukup termasyhur dengan fasilitas Wayback Machine-nya, sebuah repositori laman beranda situs-situs yang direkam dari masa lalu, yah misalnya tampilan beranda blog ini per tanggal 12 April 2013 yang lalu ?. Namun tak banyak orang yang tahu bahwa mesin waktu online ini tak hanya mampu membawa pengguna internet untuk berkunjung ke zaman purbakala web.

Banyak para penggemar video game yang kemudian mengetahui fitur lain yang mulai diaktifkan di sana tahun lalu: console living room, sebuah proyek yang menyajikan game-game zaman baheula (misalnya yang pernah populer di konsol lawas Atari) ke browser dalam bentuk emulasi yang dapat dimainkan.

Berikut adalah sebagian game kuno yang bisa kita cicipi di situ:

Master of Orion

Game penaklukan galaksi model aksi bergilir (turn-based) yang pernah sangat populer. Game ini akan mengingatkan para gamer pada seri Civilization.

Di game ini, kamu akan bertualang sebagai kaum pioner Amerika yang menyusuri jalur Oregon Trail. Tampilannya sangat sederhana, namun sekaligus ajaib dan akan menghisap waktu luangmu (juga waktu tidak luangmu ?).

The Lion King. 

Game yang kurang pantas diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia ini – ehm, raja singa – pernah membuat anak-anak dan remaja di seluruh dunia tergila-gila.

Selain ketiga game di atas, masih banyak lagi permainan video yang bisa kamu eksplorasi sendiri di sini, atau dengan tampilan beta yang lebih keren di sini. Beberapa game mungkin akan sedikit bermasalah, namun para pengelola sedang berusaha membereskan semuanya.

Proyek MS-DOS ini kemungkinan akan meraih popularitas yang setara dengan eksperimen konsol sebelumnya. Meskipun ini bukan pertamakalinya game-game lawas ini disajikan dalam browser, namun karya Internet Archive ini adalah usaha pelestarian program interaktif yang tak pernah terduga sebelumnya. Tak sekedar hanya menyajikan emulasi untuk pengalaman gaming terbaik di browser saja, sang kurator software Jason Scott juga berupaya mengumpulkan sebanyak mungkin masukan dari pengguna seiring makin banyaknya orang yang menjelajahi arsip software mereka.

Dalam sebuah pos di hari Senin yang mengumumkan fitur baru ini, Scott menulis:

Saya telah bekerja keras untuk memastikan hanya program-program yang benar-benar bisa berjalan dengan baik saja yang akan diunggah, atau setidaknya, program-program yang aktif memperoleh masukan penting dari pengguna. Beberapa di antaranya mungkin akan tereliminasi, dan banyak di antaranya yang akan cukup sulit dimainkan di browser, serta tentu saja pengguna tak akan dapat menyimpan progres permainannya, sehingga akan banyak fitur game yang akan hilang. Namun, secara umum, kamu akan mengalami perasaan uniknya menjalankan program MS-DOS di browsermu secara langsung.

Kita lihat saja, apakah nanti gamer-gamer lokal – juga mantan gamer yang sekarang sudah sibuk jadi PNS atau CEO perusahaan – akan betah berlama-lama di museum game ini? ?


Sumber: washingtonpost.com

Tak ada komentar

Tuliskan pendapatmu

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *