google webmaster help matt cutts ekajogja.com

in Kronik Google

Matt Cutts Uraikan Pekerjaan Tim Webspam Fighter Google

Q: Bagaimanakah Google memberantas webspam?

A: Tim webspam fighter mencari pola spam dan merumuskan metode-metode baru untuk memeranginya.


Pada 12 Februari 2014, Matt Cutts – kepala tim webspam Google – memposting video berdurasi 7:58 untuk menjawab pertanyaan mengenai apa saja pekerjaan tim spam fighter di kantornya.

Pertanyaan yang dikirimkan oleh Brian Harnish dari Westminster, California berbunyi:

Seperti apakah aktivitas sehari-hari anggota tim search spam? Bagaimanakah proses pengambilan keputusan mengenai pembaruan aspek-aspek algoritme? Apakah beberapa elemen dari algoritme tidak akan pernah dipertimbangkan untuk dihilangkan?

Matt menjelaskan jawabannya dalam video berdurasi hampir 8 menit. Video ini menarik sebab durasinya relatif lebih panjang daripada rata-rata video Google Webmaster Help yang panjangnya dua hingga tiga menit.

 

 

Singkatnya, tim Google spam fighter terbagi atas dua grup. Grup pertama menangani manual spam fighting, grup kedua bertanggungjawab atas algoritme untuk memberantas spam.

Matt menguraikan bahwa para fighter terbaik berburu pola dan tren spam dan mencoba menguak “manakah loophole yang eksploitasi oleh spammer.” Lalu para engineer akan merumuskan algoritme untuk mengekspos dan menutup loophole tersebut.

Matt mengesankan bahwa kerja timnya lebih menyerupai seni bela diri. Para engineer tidak hanya mempraktekkan jurus-jurus menjinakkan dan menaklukkan spam, namun juga menciptakan jurus kreatif untuk melindungi loophole dari ancaman spammer.

Seringkali, paket tugas yang dikerjakan oleh tim tiap awal hari maupun awal kala tertentu berubah dengan cepat. Paket tugas yang tadinya telah dipersiapkan oleh para engineer Google akan bergeser sesuai dengan isu terhangat atau komplain skala besar dari pihak tertentu. Komplain ini bisa berasal dari internal Google maupun dari luar, misalnya dari spam report.

Seperti yang telah disampaikan Matt sebelumnya bahwa spammer tak akan pernah menyerah, demikian pula tugas timnya tak akan pernah berakhir. Aktivitas harian Google webspam team meliputi: memperbarui algoritme lama agar lebih cepat dan lebih baik, sekaligus menulis algoritme-algoritme baru untuk mengatasi kasus-kasus baru.

“Jangan pernah bermain kucing-kucingan dengan para spammer,” ujar Matt Cutts, “lebih baik mencari cara untuk menutup lubang-lubang yang berpotensi untuk dieksploitasi.”

Sumber: Kanal Google Webmaster Help dan SearchEngineLand

Silakan beri opini Anda

Comment