Membuat website masuk halaman pertama Google

Kita bisa membuat website masuk ke halaman pertama Google tanpa harus membayar mahal para “pakar SEO” palsu. Anda bisa lakukan sendiri, saya siap bantu.

Berikut langkah-langkah sederhana yang harus Anda jalankan:

Menentukan kata kunci pencarian (keyword)

Mesin pencari Google sudah pandai memahami keinginan penggunanya. Contohnya, saat kita mengetikkan dua kata:  hotel dan jogja, ia akan otomatis menawarkan sejumlah frasa dan kalimat untuk “menebak” maksud kita: hotel di jogja atau booking hotel di jogja, dan beberapa pilihan lainnya. Kita bisa menentukan kata kunci pencarian dari tebakan-tebakan tersebut.

Misalkan halaman website yang ingin Anda munculkan di halaman satu Google berisi tentang promosi untuk hotel Anda, susunlah satu kalimat yang menunjukkan keunikannya. Contohnya:

  • hotel paling murah dekat malioboro dengan layanan ramah khas jogja
  • hotel di dekat kampus UGM untuk keluarga mahasiswa/wisudawan

Mengapa harus panjang seperti itu? Sebab, frase dengan satu atau dua kata adalah milik mereka yang membayar mahal untuk iklan Adwords dan/atau entitas yang sudah mapan dan terkenal. Silakan buktikan sendiri.

Gunakan kata kunci pencarian itu di posisi utama

Posisi utama dalam sebuah laman website antara lain:

  • URL (alamat laman)
  • Judul artikel (tag H1)
  • Paragraf pertama (atau di dalam 150 karakter pertama)

Pastikan ada 2 link internal dan eksternal

Link internal artinya link menuju ke halaman lain dalam website Anda. Biasanya ini sudah ada secara otomatis, misalnya pada menu navigasi.

Dua link eksternal inilah yang harus diperhatikan!

Pertama, link eksternal harus menuju ke website yang terpercaya. Misalnya, Wikipedia atau situs lembaga yang memiliki domain resmi (.go.id, .mil.id, .ac.id, .sch.id, dll). Situs dotcom juga tidak masalah asal dia dianggap resmi oleh Google, misalnya apple.com.

Kedua, link eksternal ini harus memiliki kesesuaian logis antara website, artikel Anda, judul link, dan website tujuan link. Tentu mesin perambah Google akan tertawa terpingkal-pingkal sampai muntah kalau website/artikel Anda tentang hotel, lalu tiba-tiba ada link ke website judi online atau pembesar mister P!

Konten harus unik dan bermanfaat

Unik artinya konten Anda harus ditulis secara manual, tidak sekedar copy-paste tulisan orang. Foto yang dipakai harus orisinal, atau setidaknya diolah supaya berbeda dari foto lainnya yang lebih dulu ada di internet.

Jangan tanya soal teks yang diterjemahkan dengan mesin, misalnya Google Translate! Yakinlah, semakin banyak pemalas yang memakai artikel auto-translated seperti ini, dunia akan lebih cepat kiamat πŸ˜›

Bagikan konten Anda ke media sosial

Semakin banyak orang yang membagikan konten Anda di situs jejaring sosial, Google akan menaikkan peringkatnya. Hal ini karena konten itu dianggap disukai oleh banyak orang.

Tolong perhatikan bagian “banyak orang”, bukan banyak robot alias akun palsu! Dan meskipun Anda membagikannya ke Facebook atau Twitter sejuta kali, hitungannya tetap satu orang πŸ˜€

Setelah kelima langkah tersebut Anda lakukan, kemudian sukses membuat website Anda masuk ke halaman pertama Google, mohon jangan ikut-ikutan jadi pakar SEO palsu.

Justru kalau Anda merasa formula ini terbukti mujarab, silakan manfaatkan untuk membantu sesama yang membutuhkan, dan sebarkan ke rekan-rekan Anda.

Jika ada yang ingin ditanyakan, atau butuh bantuan untuk menyusun konten yang jitu, silakan hubungi saya di ekajogja at gmail dot com. Saya tidak akan minta bayaran tak masuk akal seperti para jagoan SEO penipu yang menjamur itu, tapi tentu saja saya yakin Anda mengerti tentang etika bisnis, profesionalisme, dan kemanusiaan πŸ˜‰

There are 5 comments

Tuliskan pendapatmu

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *