Mengapa Saya (dan mestinya Anda juga!) Memilih WordPress?

Daftar Isi

Pertanyaannya adalah: Mengapa WordPress?

Saat ini ada lebih dari 138 sistem manajemen konten (content management system – CMS) yang tersedia untuk kita pergunakan, baik yang berbayar, gratis, berlisensi tertutup maupun terbuka.

WordPress adalah satu dari 77 CMS yang berbasis open source. Artinya, semua orang bisa melihat, menyalin, dan mengedit kode yang ada di dalamnya sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing pengguna.

Lebih jauh, WordPress berlisensi GPLv2+ atau General Public License version 2 or later.

Perizinan ini membebaskan Anda dan saya untuk memanfaatkan dan melakukan fork terhadap WordPress sebebas-bebasnya, baik untuk tujuan komersial maupun non-komersial, sekaligus menjaga agar semua hasil oprekan-nya juga bebas digunakan dan di-hack oleh semua orang.

Catatan: Meskipun pada kenyataannya banyak pihak yang menjual atau menyewakan berbagai produk turunan WordPress, namun jumlah developer yang menaati lisensi GPLv2 tetap jauh lebih banyak – jauh lebih besar daripada pengembang yang berkreasi dengan CMS open source lainnya.

Buktinya?

Saat ini ada lebih dari 30.000 plugin yang siap diunduh gratis melalui Direktori Plugin WordPress dan lebih dari 2.400 theme yang bisa kita pergunakan secara bebas dari Theme Directory.

Jangan lupa bahwa masih ada kurang lebih 30.000 repositori git yang berhubungan dengan WordPress yang tersimpan dan dengan mudah bisa kita download dan fork via Github.

Masih kurang yakin?

Jumlah pasti pengembang yang berkontribusi secara kontinu terhadap WordPress memang tidak ada. Pastinya, ratusan orang programmer dari segala penjuru dunia yang selalu aktif mengutak-atik core, user interface, dokumentasi, dll. demi menjaga agar WordPress selalu penuh inovasi dan mampu memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Ups, sudahkah Anda mengetahui bahwa WordPress digunakan oleh 21.8 persen website di seluruh dunia?

Bukan cuma soal kuantitas, namun keunggulan kualitasnya juga terbukti. Tak heran jika WordPress digunakan oleh raksasa-raksasa internet seperti CNN, Forbes, Reuters, eBay, TechCrunch, Mashable, dan sebangsanya.

Khawatir soal kesulitan menginstal, menyeting, dan menjalankannya?

Meskipun tanpa dibayar, ada ratusan kontributor yang dengan sukarela akan membantu mengatasi permasalahan Anda.

Cukup kunjungi Forum Dukungan WordPress untuk menanyakan apapun yang ingin Anda ketahui.

Tentu akan lebih efisien, efektif, dan lengkap apabila Anda mau meluangkan sedikit (atau banyak) waktu untuk mendalami CMS ini di pusat dokumentasi WordPress yang dinamai “Codex”.

Ingin memulai perjalanan Anda di WordPress? Silakan bertandang ke WordPress Indonesia dan wujudkan kemerdekaan pengembangan website dan penerbitan konten Anda!

There is one comment

Tuliskan pendapatmu

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *