Panduan Google My Business

Berikut adalah panduan Google My Business untuk pebisnis, artis, atau lembaga.

Apakah Google My Business itu?

Google My Business adalah metode cepat dan mudah bagi bisnis, produk, brand, artis, dan organisasi untuk mengelola profil online mereka dengan Google. Melalui dasbor Google My Business, Anda bisa:

  • Mengelola informasi up-to-date tentang bisnis Anda di Google
  • Membangun loyalitas pelanggan menggunakan Google+ Page. Para pengikut laman bisnis Anda dapat menunjukkan apresiasi dan memberikan masukan melalui pos dan ulasan, serta menggunakan tombol +1 untuk mendukung produk dan layanan melalui Google+, Google Search, Maps atau pada iklan.
  • Memonitor interaksi pengunjung dengan Google+ Page dan pos-pos di dalamnya melalui pelaporan (insights)
  • Melihat informasi akun Google Analytics dan kanal YouTube yang Anda hubungkan
  • Membuat dan memonitor kinerja kampanye AdWords Express

Bisnis dengan lokasi fisik atau yang melayani wilayah lokal akan memperoleh keuntungan tambahan. Sesudah memverifikasikan bisnis Anda di Google My Business, Anda akan bisa:

  • Membuat bisnis Anda mudah ditemukan di pencarian Google. Google akan menyajikan informasi bisnis yang Anda berikan pada hasil pencarian lokal
  • Membaca dan merespon ulasan dari para pelanggan
  • Melihat bagaimana pelanggan melakukan pencarian bisnis Anda, juga dari mana mereka datang

Online-kan bisnis Anda dengan Google My Business

Gunakan Google My Business untuk menyajikan bisnis lokal, brand, organisasi, atau artis di internet. Saat menambahkan bisnis Anda menggunakan Google My Business, Anda akan membuat sebuah Google+ Page.

Page untuk Bisnis Lokal

Google Maps di mobile

Ingin menambahkan informasi bisnis Anda ke Google Maps?

Dengan membuat sebuah local page di Google My Business, informasi bisnis Anda akan ditampilkan di Google Search, Google Earth, dan produk Google lainnya. Selain itu, bisnis Anda akan memiliki sebuah Google+ Page untuk berhubungan dengan para pelanggan.

Jika Anda ingin menambahkan beberapa lokasi bisnis sekaligus, gunakan Google My Business Locations.

Page untuk Brand

Contoh brand page

Brand, organisasi, artis, dan lembaga atau individu lainnya bisa membuat Google+ Pages untuk berhubungan dengan pengikut, fans, dan pelanggan via Google. Page untuk brand, organisasi, atau artis tidak termasuk alamat atau informasi lokasi fisik lainnya yang ditampilkan di Google Maps.

Baca situs resmi Google+ Page untuk Brand di sini.

Google+ Communities

Google+ Communities bisa dibuat oleh fans atau brand dan organisasi sebagai forum untuk mendiskusikan hal-hal yang mereka sukai. Manfaatkan Communities untuk memulai dialog mengenai hobi, kegemaran, kelompok atau organisasi tertentu.

Pelajari lebih lanjut tentang Google+ Communities di sini.

Profil Google+ untuk Individu

Profil Google+ dimaksudkan untuk merepresentasikan Anda dan teman-teman Anda, bukan bisnis. Anda bisa menggunakan profil Google+ Anda ini untuk membuat Page untuk bisnis lokal atau brand.

Selengkapnya tentang Profil Google+ bisa dibaca di sini.

Google Places for Business dan Google+

Jika sebelumnya Anda telah menggunakan dasbor Google Places for Business atau Google+ Pages untuk mengelola informasi bisnis, akun Anda akan otomatis diperbarui ke dasbor Google My Business. Google My Business lebih memudahkan Anda memastikan informasi bisnis lokal Anda dapat ditemukan via Google, termasuk melalui Google Maps, Google Search, and Google+.

PENTING: Jika Anda menggunakan Google Places for Business untuk mengelola 10 atau lebih lokasi bisnis, pelajari perubahan ke Google My Business Locations di sini.


 

 

There are 11 comments

Tuliskan pendapatmu

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *