Temukan rahasia business blogging sebagai jalur pemasaran produk dan jasa paling efisien, ekonomis, dan evergreen.
Anda bisa mulai dengan dana 300.000 saja!

Blog adalah salah satu aset paling bernilai yang dimiliki oleh bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan melalui konten informatif, promosional, sekaligus berpotensi viral.

Jika bisnis Anda belum punya blog, sekarang belum terlambat untuk memulainya, sebelum ketinggalan terlalu jauh dari para kompetitor.

Jika Anda masih belum punya gambaran apa gunanya blog untuk bisnis, berikut kita bahas kelebihan blog dibanding metode pemasaran lainnya dan 20 alasan untuk membuat blog bagi bisnis Anda.


3 keunggulan blogging dibanding iklan atau metode marketing lainnya:

  1. Efisien → hanya butuh konten (tulisan dan gambar atau video) yang bisa dibuat dari aktivitas keseharian bisnis Anda: proses produksi, penjualan, distribusi, berbagi pengalaman, dll.

  2. Ekonomis → pembiayaan jauh lebih murah dibandingkan membayar iklan, pencetakan marketing kit, atau mengontrak biro pemasaran outsource.

  3. Evergreen → iklan berhenti saat masa kontrak habis, konten blog selalu ada dan terus menerus menjaring para calon konsumen/klien Anda tanpa batas waktu.


Lihat infografis “Perencanaan Blog untuk Bisnis” → Business Blog Profit Plan.


20 Alasan mengapa Anda harus menggunakan blog untuk bisnis?

1. Blog adalah platform simpel untuk menjalin koneksi dengan konsumen.

Hubungan dengan klien dijaga dengan cara menerbitkan konten-konten informatif yang relevan sesuai momen.

Selain sebagai media komunikasi satu arah, dengan membuka pintu komentar, blog bisa menjadi ruang diskusi antara layanan Anda dan para pelanggan.

2. Konten blog adalah bahan baku dari identitas online bisnis Anda.

Mesin pencari internet seperti Google, Bing, dll. terus menerus menilai seberapa signifikan bisnis Anda untuk dimasukkan dalam hasil pencarian.

Mereka mengevaluasi dan menentukan peringkat bisnis berdasarkan value (potensi manfaat) yang terkandung dalam konten blog Anda.

Hingga ada istilah dalam dunia internet marketing yang bunyinya: “Content is King“. Artinya, blog bisnis dengan konten terbaik dipastikan merajai pasar internet.

Lihat infografis “Konten adalah Raja” → Content is King.

3. Anda tak harus jadi menyewa programmer profesional untuk membuat blog.

Banyak platform blogging ramah pengguna seperti WordPress dan Squarespace yang mudah dikelola oleh para pebisnis yang relatif awam dengan dunia pemrograman.

Yang perlu dicatat dalam konteks lokal saat ini adalah, bahwa ongkos layanan premium dari platform tersebut biasanya justru lebih mahal dari pada membiayai programmer lokal. Sebagai gambaran:

Kedua paket tersebut hanya untuk sewa blog saja, tidak termasuk biaya produksi konten dan promosi! Bandingkan dengan paket layanan kami:

1. Paket Starter
2. Paket Runner
3. Paket Auto Lead Generation

4. 57% bisnis yang memiliki blog memperoleh lebih banyak pelanggan

Persentase ini berdasarkan survei dari perusahaan software pemasaran internasional – HubSpot.

Survei Hubspot: 57% pemasar memperoleh pelanggan melalui blog

5. Blog adalah jantung dari seluruh upaya content marketing Anda.

Blog bisnis Anda berfungsi vital sebagai wadah umpan bagi Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, nawala email, ebook, dll.

Konten berkualitas tinggi yang bermanfaat bagi konsumen menjadi bahan share yang menghidupi media sosial bisnis Anda. Klik dan viral share di media sosial adalah leads generator gratis yang menjangkau jutaan pengguna social media.

6. Blog merupakan corong komunikasi bagi bisnis Anda.

Selain menyediakan (1) wadah untuk mempublikasikan produk atau layanan bisnis Anda, menjadi (2) ruang untuk menuliskan tanggapan atas topik hangat berita atau tren pasar dalam suatu momen tertentu, blog juga berperan sebagai (3) media untuk menyampaikan hal-hal yang tak cukup vital untuk dimuat di laman utama website Anda.

7. Anda bisa membagikan keahlian dengan menuliskannya dalam blog.

Metode mana lagi yang paling tepat, fleksibel, sekaligus bergengsi untuk membangun brand Anda sebagai pakar dan inovator dalam area bisnis Anda selain blog bisnis Anda sendiri?

8. Blog menciptakan dialog dua arah dengan para pelanggan, prospek, dan rekanan bisnis.

Blog bisnis mampu mendorong interaksi, komentar, dan feedback dari semua pihak yang penting bagi eksistensi dan kemajuan bisnis Anda.

Blog yang aktif diisi dengan konten baru dan di-share akan memastikan orang-orang terus menerus membicarakan brand dan produk Anda baik di menu komentar, media sosial, maupun pembicaraan sehari-hari.

Branding lebih kuat daripada iklan penjualan
#### 9. Blogging bisa sangat menyenangkan.

Daripada menghabiskan waktu di media sosial yang beresiko campur aduk antara urusan bisnis dan personal, lebih baik Anda meluapkan hasrat narsisistik melalui konten blog.

Selain punya media sendiri yang bebas dari public noise dan lalu lalang kompetitor, aktivitas internet Anda akan memiliki kegunaan yang lebih signifikan secara finansial.

Siapa bilang blogging itu melulu menulis? Anda juga bisa ngeblog dengan foto, video, rekaman suara, status singkat, flash news, dan berbagai konten lainnya terkait dunia bisnis Anda.

Selanjutnya, konten blog bisa Anda bagikan ke berbagai media sosial sekaligus! Tidak harus satu per satu, tidak mesti menyusun status berbeda untuk tiap social media.

Bahkan, orang yang mengklik share itu akan menuju blog bisnis Anda! Bukan ke website orang lain yang biasa Anda promosikan gratis secara tak sadar.

10. Membuat dan menerbitkan konten blog memaksa Anda berpikir ulang.

Saat menyusun konten, Anda dipaksa berpikir ulang, mempertimbangkan lagi, mencari dan menemukan lagi berbagai pengetahuan baru tentang perkembangan dunia bisnis, tren-tren terbaru, kebutuhan dan selera konsumen, dan lain-lain.

Secara otomatis Anda belajar ilmu baru, Anda bisa menemukan gagasan-gagasan baru, ide cemerlang baru yang bisa mengubah perspektif dan sikap Anda mengenai tujuan dan metode bisnis Anda selama ini.

Anda menjadi pebisnis yang progresif! Tidak stagnan.

11. Blogging menjaga Anda tetap fokus pada strategi content marketing

Anda wajib menyusun penjadwalan konten dan tetap patuh pada jadwal tersebut demi mewujudkan blog bisnis yang efektif. Ini berguna sebagai praktik kedisiplinan yang menyenangkan, sebagai refreshing activity di luar rutinitas menjalankan bisnis sehari-hari.

12. Blog bisnis yang baik = Public Relations gratis.

Para pebisnis yang ngeblog kerap memperoleh permintaan wawancara dari jurnalis.

Business bloggers secara otomatis memperoleh status publik sebagai pakar dalam bidang bisnisnya.

Raih peluang publikasi bisnis Anda di media secara gratis! Bahkan tak jarang Anda dibayar!

13. Blog bisnis membangun kepercayaan diri, relasi, dan penjualan.

Para calon klien/konsumen akan memandang Anda sebagai sumber terpercaya bagi informasi seputar bidang bisnis Anda. Selanjutnya, mereka akan berduyun-duyun mendatangi Anda untuk sebagai pembeli.

Lihat infografis “Bagaimana Cara Tampil Menonjol di Tengah Pasar yang Kompetitif” → How to Stand Out in a Competitive Market.

14. Blogging mengasah fokus bisnis Anda.

Saat menyusun content strategy, Anda harus menentukan (1) siapa target audiens konten Anda dan (2) mengapa Anda memilih mereka.

Blog yang tak fokus tak akan menarik pembaca. Demikian pula jika bisnis Anda kurang fokus ke target pelanggan, tak akan ada prospek yang tertarik.

Dengan blogging secara kontinu, fokus bisnis Anda akan tetap tajam dan jelas terarah.

15. Menyusun konten menjaga Anda tetap terdepan dalam tren.

Sebagai blogger, Anda “dipaksa” untuk selalu mengikuti berita-berita terbaru, tren termutakhir, juga pergerakan taktik kompetitor dan perubahan gaya konsumsi masyarakat. Hal ini akan meletakkan Anda sebagai seorang leader, bukan sekedar follower.

16. Publik akan mengenal kisah-kisah mengenai brand Anda.

Blog bisnis adalah ruang yang paling tepat untuk menyajikan kilas pandangan bagi publik mengenai identitas perusahaan, filosofi, para karyawan, dan gagasan-gagasan bisnis Anda.

Ceritakan pada para pelanggan mengapa Anda memilih strategi bisnis tertentu dan bagaimana itu sangat berguna bagi hidup mereka.

Teringat gaya bisnis Steve Jobs yang filosofis? Terngiang lifestyle marketing ala Neil Patel?

17. Blog adalah investasi marketing paling cost-effective.

Setiap konten yang Anda terbitkan adalah aset jangka panjang yang membantu membangun brand awareness dan mempromosikan keahlian Anda, tentu sekaligus produk dan layanan bisnis Anda.

18. Anda akan memahami lebih dalam karakter audiens.

Laporan analisis kinerja blog memampukan Anda untuk melihat jumlah pembaca, intensitas klik, konten terpopuler, frekuensi sharing dan komentar.

Anda bahkan bisa mengetahui hari dan jam apa saja blog Anda paling ramai dikunjungi orang. Tentu hal ini berkorelasi erat dengan gaya konsumsi pelanggan Anda!

19. Blogging itu inspiratif.

Beberapa waktu setelah rajin ngeblog, Anda akan semakin jelas melihat gagasan-gagasan baru di sekeliling Anda. Anda akan menemukan ide-ide bisnis cemerlang dari aktivitas sehari-hari yang remeh temeh.

Inspirasi akan bermunculan dari sekedar obrolan online dengan rekanan bisnis dan pelanggan, melihat sekilas referensi untuk konten baru Anda, bahkan membaca ulang konten Anda yang terdahulu akan memercikkan rasa dan pemahaman baru yang unik dan menyenangkan.

Lihat infografis “Daftar Ide untuk Konten Blog” → The Ultimate List of Blog Post Ideas.

20. Karena blog bisnis jauh lebih hemat dibanding metode pemasaran lainnya!

Hanya dengan ~~Rp 2.750.000~~ Rp 300.000 rupiah saja (lihat catatan), Anda sudah bisa memulai blogging dengan nama domain khusus bisnis Anda: NamaBisnis.web.id.

PLUS, selama masa promo, Anda juga akan memperoleh aplikasi Android untuk melejitkan brand Anda sebagai pebisnis yang terdepan dalam teknologi. Belum lagi memudahkan pelanggan mengakses blog Anda dalam satu klik saja! Tidak perlu lagi browsing ke sana kemari.

Masih butuh alasan tambahan untuk memulai business blogging?

Atau barangkali Anda masih mempertimbangkan kemampuan dan ketersediaan sumber daya untuk ngeblog?

Tak perlu khawatir, Anda bisa mempercayakan kepada kami untuk menjaga konsistensi penerbitan konten bermutu yang mampu menjaring calon konsumen/klien baru.

Anda cukup melanjutkan aktivitas bisnis seperti biasa, dan kami siap memelihara blog dan mengisi konten secara rutin untuk Anda (lihat paket Auto Lead Generation)


Catatan

1. Paket Starter – Blog + App – Rp 300.000

Tarif promo di atas sudah meliputi seluruh biaya:

Selanjutnya:

Dengan paket Starter Blog ini, aplikasi Android bisa Anda bagikan pada pelanggan dan partner bisnis melalui link download di blog, email, atau media sosial.

Jika ingin Android app bisnis didistribusikan melalui Google Playstore, Anda cukup membayar biaya administrasi hanya Rp. 200.000 (sekali bayar untuk selamanya).

Artinya, dengan paket Starter + Playstore, Anda cukup menyediakan dana Rp 830.000 untuk 1 tahun pertama.

Jika ingin lebih praktis dan hemat, Anda bisa memilih:

2. Paket Runner – Blog + Playstore App – 1 Tahun – Rp. 750.000

Paket ini menghemat biaya Anda dengan sewa server setahun sekaligus dan distribusi aplikasi di Google Playstore.

Perlu dicatat bahwa program promo Starter dan Runner ini TERBATAS! Segera order sebelum naik ke tarif paket standar Rp 2.750.000.

3. Produksi Konten Berkala

Blog bisnis yang valuable dan efektif harus di-update dengan konten artikel informatif baru minimal sekali seminggu.

Saat Anda kehabisan ide untuk konten baru yang menarik, kami siap membuatkan leads-generating content — artikel yang dilengkapi gambar atau video — seharga rata-rata Rp 100.000.

4. Maintenance & Backup

Blog adalah piranti lunak berbasis web (web-based software) yang membutuhkan perawatan rutin dan backup data untuk menjaga keamanannya.

Anda memang bisa melakukan pemeliharaan blog sendiri dan hanya berkonsultasi saat ada masalah. Namun demikian, alangkah lebih aman dan lebih ringannya jika Anda melepaskan beban kerja tambahan itu.

Anda bisa mempercayakan tanggung jawab pemeliharaan dan keamanan data blog kepada kami dengan biaya Rp 200.000 per bulan.

Jika Anda merasa terlalu banyak komponen biaya yang merepotkan, Anda bisa memilih layanan all-in-one yang kami tawarkan, yakni:

5. Paket Auto Lead Generation

Meliputi:

Artinya, Anda cukup menyediakan profil bisnis, target konsumen, katalog produk/jasa, dan kontak bisnis saja.

Selanjutnya tak perlu tak repot mengurus blog, sehingga Anda bisa tetap fokus menjalankan bisnis sambil sesekali sharing konten blog ke media sosial.

Paket Auto Lead Generation bisa Anda dapatkan hanya dengan:

Kenapa bulanan? Karena dengan melihat laporan progres blog setiap bulan, Anda bisa memperhitungkan seberapa besar efektivitas blog bagi bisnis Anda.

Mengapa sepaket dengan Android App? Baca: 17 Alasan Mengapa Bisnis Anda Perlu Aplikasi Mobile

Pebisnis yang cerdas tak mau ambil resiko buang-buang dana tanpa hasil nyata, kan?

By the way, tahukah Anda, berdasarkan laporan hasil riset Forrester: rata-rata perusahaan di AS menganggarkan 46% budget pemasaran untuk digital marketing?

Pertanyaan selanjutnya: Berapa persen tarif paket blog & aplikasi Android bisnis kami dari keseluruhan anggaran pemasaran Anda?

SALAM PROGRESS!


Kontak

Untuk konsultasi dan pemesanan paket promo, kirimkan email singkat berisi paket yang Anda inginkan atau pertanyaan lainnya ke ekajogja at gmail dot com.

6 September 2017