Kebangkitan masyarakat kelas menengah ke atas memberikan angin segar pada bisnis kuliner. Pergeseran pola konsumsi membuat kegiatan nongkrong di kafe tumbuh menjadi kebiasaan baru kaum urban masa kini. Berkunjung ke kafe adalah kegiatan rekreasi, waktunya untuk bersenang-senang dan bersantai bersama keluarga atau teman. Karena telah menjadi bagian dari gaya hidup, maka pertumbuhan kafe pun terbilang pesat.

Kafe juga telah merambah ke kota kecil lho, tidak hanya di kota besar saja. Sebagai pengusaha kafe, tentu Anda menyadari hal ini. Dengan jumlah yang terus bertambah, persaingannya pun semakin ketat. Jelas perlu strategi jitu dalam melakukan pemasaran kafe. Cara ini harus diterapkan agar kafe milik Anda bisa menarik lebih banyak pengunjung.

8 Tips Jitu Pemasaran Kafe

Penulis: Himawan Pradipta

Memikat pengunjung baru untuk datang ke kafe bukanlah perkara mudah. Tak berhenti sampai di situ, Anda juga harus memutar otak bagaimana agar mereka bisa naik kelas menjadi pelanggan tetap kafe. Yuk, simak 8 tips jitu pemasaran kafe yang bisa dicoba untuk menambah jumlah pelanggan.

1. Konsep berbeda dan unik

Beragam jenis kafe boleh tumbuh bak jamur di musim hujan, tetapi kafe Anda harus memiliki konsep unik yang membedakannya dengan tempat lain. Konsep ini harus tercermin melalui nama, logo kafe, interior, hingga hidangan yang disajikan. Branding yang kuat akan membuat pengunjung merasa terhubung saat datang ke kafe. Plus, mereka juga merasa kafe Anda dapat memenuhi kebutuhan gaya hidupnya saat ini.

2. Fokus pada menu jagoan

Kafe identik dengan makan dan minum ‘cantik’ karena lebih cocok dikunjungi untuk ngobrol santai bersama keluarga dan teman. Maka, hidangan berat bukanlah pilihan utama. Namun, Anda bisa memilih menu jagoan yang bisa jadi andalan dalam memikat pengunjung. Tidak perlu terlalu banyak, tetapi pastikan konsistensi rasa dan kualitas selalu terjaga.

3. Ramaikan dengan program seru

Ciptakan berbagai program seru dan menarik untuk mengundang pengunjung datang ke kafe Anda. Dalam satu minggu, setiap hari punya tema berbeda dengan memberikan promo tertentu. Sebagai contoh, diskon 50% setiap Senin atau free flow minuman tertentu saat hari Jumat. Pertimbangkan juga untuk menghadirkan live band atau membuat acara nonton bareng pertandingan olahraga.

4. Gandeng komunitas lokal

Cari tahu komunitas lokal apa yang menarik di kota Anda. Tawarkan kerja sama dengan menyediakan tempat berkumpul komunitas tersebut. Mereka akan senang karena punya basecamp untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan. Kafe Anda pun jadi ramai oleh kegiatan rutin komunitas itu, seperti nonton bareng, diskusi, atau gathering. Pastikan mereka berfoto dengan menampilkan logo kafe Anda, hitung-hitung promosi gratis.  

ilustrasi kopi
Photo by Nathan Dumlao on Unsplash
5. Promo berkala

Strategi pemasaran kafe ini tidak pernah kedaluwarsa. Semua orang suka promo, baik itu gratisan maupun potongan harga. Anda bisa menggunakan cara ini untuk menambah lebih banyak pelanggan. Misalnya, dengan membagikan voucher, kupon, atau potongan harga menu tertentu secara berkala. Anda bahkan bisa membuat program promosi untuk bisnis Anda dengan mudah melalui aplikasi kasir seperti Moka.

6. Buat konten menarik di media sosial

Media sosial bukan hanya dipakai sebagai promosi produk. Anda juga bisa meningkatkan engagement dengan calon pelanggan potensial melalui program giveaway atau kontes foto. Misalnya, gratis hidangan penutup jika mereka mengunggah foto dan menyebut akun kafe Anda saat kunjungan. Selain itu, buat konten menarik seputar hidangan yang bersifat informatif, sehingga menggugah orang untuk datang ke kafe.

7. Special treat untuk pengunjung

Berikan perlakuan khusus bagi pengunjung yang tengah merayakan momen tertentu. Misalnya, memberikan hidangan pembuka secara cuma-cuma pada mereka yang berulang tahun di bulan tersebut. Ini akan berkesan bagi pengunjung karena ada sentuhan personal dalam layanan yang diberikan.

8. Gunakan jasa influencer

Menggunakan jasa influencer seperti selebgram, youtuber, atau food blogger menjadi tips pemasaran kafe lain yang patut Anda coba. Keberadaan para influencer ini sangat membantu Anda dalam menggaet pelanggan baru. Umumnya, mereka punya banyak pengikut di media sosial. Begitu mereka mengunggah soal kafe yang direkomendasikan, Anda harus bersiap-siap kebanjiran pengunjung setelahnya.


Mana dari 8 tips jitu pemasaran kafe yang hendak Anda coba praktikkan lebih dulu? Satu hal yang pasti, Anda tidak akan tahu bagaimana cara tersebut berdampak pada bisnis kafe jika tidak diterapkan. Semoga bisa membuat pelanggan kafe Anda bertambah, ya!

  Jadilah Patron!

9 Januari 2019

Berikan komentar - no value, no backlink ;)