Definisi lebih dari 450 istilah SEO dalam Bahasa Indonesia, yang disusun berdasarkan abjad, dijelaskan seakurat mungkin agar mudah dipahami pemula.

Artikel diupdate pada Selasa, 17 Oktober 2017

Catatan: laman in-progress ini selalu diperbarui setiap hari.

glosarium webmaster: daftar 450+ istilah SEO


.HTACCESS

.htaccess adalah file konfigurasi server web yang menggunakan perangkat lunak Apache Web Server.

Contoh file .htaccess untuk WordPress

Berkas .htaccess yang diletakkan ke dalam sebuah direktori akan dideteksi dan dieksekusi oleh server web Apache. File tersebut bisa dipergunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi dan fitur Apache, misalnya:


200 OK

200 OK adalah respon standar untuk HTTP request yang sukses.

Respon yang sesungguhnya bisa berlainan, tergantung pada metode request yang diterapkan:

Sederhananya, responded 200 OK berarti laman web yang diminta berhasil disajikan tanpa hambatan.


301 MOVED PERMANENTLY

Kode status respon HTTP 301 Moved Permanently merujuk pada pengalihan URL permanen.

Artinya, tautan atau arsip saat itu yang merujuk pada URL yang diminta harus diperbarui. URL yang baru harus disediakan pada ruas HTTP location di dalam respon.

Mudahnya, 301 Moved Permanently berarti pengunjung laman web dialihkan ke alamat permanen yang baru.


302 FOUND

Kode status respon HTTP 302 Found adalah metode umum untuk menerapkan pengalihan URL dengan menyajikan sebuah URL baru pada ruas HTTP location di dalam respon.

User agent (misalnya browser) diminta oleh respon ini untuk membuat request kedua (bisa saja identik) ke URL baru yang dinyatakan dalam ruas location.

Respon 302 Found menunjukkan bahwa pengunjung laman web dialihkan ke alamat sementara.


404 NOT FOUND

HTTP 404 Not Found Error artinya laman web yang dituju tidak ditemukan dalam server.

Ini adalah galat pada sisi klien yang bisa berarti:

Simpelnya, 404 Not Found menyatakan bahwa tidak ada laman web pada sebuah URL yang tertentu.


410 GONE

Menurut Google, 410 Gone artinya: server memberikan respon ini saat sebuah sumber yang diminta telah dipindahkan secara permanen.

Mirip dengan 404 Not Found, kode status ini dipergunakan untuk sumber yang tadinya atau dulunya ada tapi sekarang sudah tidak ada lagi.

Dengan respon 410 Gone, maka telah dipastikan bahwa laman web sudah hilang atau dihapus secara permanen.


500 INTERNAL SERVER ERROR

500 Internal Server Error adalah sebuah kode status HTTP yang berarti ada sesuatu yang keliru pada server web, namun server tersebut tidak bisa lebih spesifik dalam menentukan jenis galat yang terjadi.

Respon 500 Internal Server Error menandakan adanya masalah di server yang hanya bisa diatasi oleh webmaster.


A/B TESTING

A/B testing (kadang disebut juga split testing) adalah sebuah metode pengujian dengan membandingkan dua versi dari sebuah laman web untuk menentukan versi mana yang memiliki performa lebih baik.

Kita membandingkannya dengan menampilkan kedua versi (versi A dan versi B) pada para pengunjung web pada saat yang sama. Versi yang memunculkan jumlah konversi yang lebih banyak menjadi pemenang dari pengujian ini.

Untuk tujuan SEO, pengujian A/B testing memberikan manfaat tidak langsung. Pengujian ini memastikan laman web kita ramah pengguna. Sedangkan Google akan memberikan ranking lebih tinggi bagi laman web yang menyajikan user experience terbaik.


ABOVE THE FOLD

Above the fold atau konten paro atas dalam desain web merujuk pada bagian dari sebuah laman web yang tampak pada jendela browser saat laman tersebut dimuat pertama kalinya.

Ilustrasi konten paro atas (above the fold)

Sedangkan bagian laman yang baru terlihat setelah pengunjung menggulirkan laman (scrolling) disebut sebagai “below the fold“.

Above the fold content atau konten yang bisa dilihat tanpa scrolling umumnya tergantung pada ukuran layar perangkat yang digunakan untuk mengaksesnya. Dalam dunia SEO, seluruh bagian konten yang penting harus diletakkan di paro atas laman, sehingga pengunjung bisa langsung melihatnya tanpa harus menggeser ke bawah.


ACCELERATED MOBILE PAGES (AMP)

AMP atau Accelerated Mobile Pages adalah sebuah proyek untuk menciptakan standar terbuka bagi para penerbit web guna menyajikan laman web yang ringan dan cepat dimuat pada perangkat mobile (ponsel pintar dan tablet).

AMP Project diumumkan secara resmi pada 7 Oktober 2015 dengan dukungan dari Google, Twitter, WordPress dan sejumlah perusahaan lainnya.

Situs web resmi proyek AMP: https://www.ampproject.org/


ADSENSE

AdSense adalah layanan penempatan iklan yang dimiliki oleh Google.

Ilustrasi Google Adsense

Program ini dibuat untuk para penerbit web yang ingin menampilkan iklan tertarget dalam format teks, video, atau gambar pada laman web mereka dan memperoleh imbalan uang saat pengunjung melihat atau mengklik iklan.

Website resmi Adsense: https://www.google.co.id/intl/id/adsense/start/


ADVERTISING NETWORK

Online advertising network atau ad network (jaringan periklanan daring) adalah perusahaan yang menghubungkan antara pengiklan dan pemilik web yang menyediakan ruang iklan.

Fungsi utama dari jejaring periklanan daring adalah menjalankan agregasi ruang iklan dari para penerbit web dan menyesuaikannya dengan permintaan pengiklan.


ADWORDS

AdWords adalah layanan periklanan dari Google untuk perorangan atau perusahaan yang ingin menampilkan iklan pada mesin pencari Google dan jaringan periklanannya.

Program AdWords memampukan pebisnis untuk mengatur anggaran iklan dan hanya membayar setiap kali pengunjung mengklik iklan mereka. Layanan ini terfokus pada pemilihan dan penerapan iklan sesuai kata kunci (keyword).

Situs resmi AdWords: https://adwords.google.com/home/


ADWORDS IMPRESSION SHARE

AdWords impression share atau pangsa tayangan adalah persentase tayangan yang benar-benar terlaksana pada sebuah iklan dibandingkan dengan total tayangan yang bisa didapatkan.

Eligible impressions atau tayangan yang layak didapatkan ditentukan oleh sejumlah faktor, termasuk pengaturan penargetan, status persetujuan, dan kualitas iklan.

Data pangsa tayangan tersedia untuk masing-masing kampanye, grup iklan, grup produk (pada kampanye belanja), dan kata kunci.

Impression share berguna untuk memahami apakah sebuah iklan akan mampu menjangkau lebih banyak orang jika pengiklan menambah anggaran atau bid.

Selengkapnya, baca Panduan Adwords Tentang Pangsa Tayangan.


AFFILIATE MARKETING

Affiliate marketing atau pemasaran afiliasi adalah metode pemasaran yang melibatkan pembayaran komisi dari penjual produk (vendor) kepada penerbit web (affiliate) atas setiap kunjungan atau penjualan yang terjadi atas rujukan dari laman web (affiliate site).

Skema affiliate marketing pemasaran afiliasi

 

Alur kerja penerbit afiliasi:

  1. Mendaftar sebagai affiliate
  2. Memilih produk dari vendor
  3. Membuat konten terkait produk
  4. Menyertakan link afiliasi ke dalam konten
  5. Mempromosikan konten

AGGREGATION CONTENT CURATION

Aggregation content curation atau kurasi konten agregasi adalah kerja pengumpulan informasi berdasarkan topik tertentu yang dipilih dengan satu atau beberapa kata kunci.

Skema kurasi konten agregasi - aggregation content curation

Agregasi konten berguna untuk menambah kekayaan konten dalam situs web atau blog kita.

Sayangnya, tak jarang sistem kurasi ini memanfaatkan proses otomatis yang dijalankan dengan program tertentu tanpa melibatkan pemilik website.

Tipe agregasi otomatis semacam ini bisa mengakibatkan duplikasi konten yang buruk bagi nilai SEO sebuah situs.


AHREFS

Ahrefs adalah alat bantu SEO yang menyajikan indeks tautbalik aktif paling lengkap di antara perkakas sejenisnya.

Antarmuka Ahrefs

Layanan ini memampukan para webmaster memeriksa backlink profile dari setiap URL atau situs web, termasuk jumlah domain unik, total tautbalik, teks anchor, dan kualitas backlink.

Situs resmi Ahrefs: https://ahrefs.com/


ALEXA

Alexa adalah situs webmilik Amazon yang menyajikan data tingkat popularitas website.

Antarmuka Alexa

Meskipun berguna sebagai alat bantu untuk membandingkan situs web kita dengan kompetitor, namun akurasi datanya lemah. Sebab, rating trafik sebuah situs web ditentukan hanya berdasarkan informasi yang terkumpul dari Alexa Toolbar yang diinstal di browser pengguna.

Website resmi Alexa: https://www.alexa.com/


ALGORITHM / SEARCH ENGINE ALGORITHM

Search engine algorithm atau algoritma mesin pencari adalah seperangkat aturan atau rumus yang digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan signifikansi sebuah laman web.

Rumus tersebut memperkirakan apakah sebuah laman web itu bermutu atau tidak, memuat informasi yang bermanfaat bagi pengunjung atau hanya sampah (spammy), menyajikan pengalaman pengguna yang baik atau mengecewakan.

Algoritma mesin pencari juga memuat ketentuan lainnya yang mempengaruhi ranking suatu laman web pada hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu, demi mewujudkan search result yang rapi dan mampu memenuhi kebutuhan penggunanya.

Selengkapnya mengenai fungsi algoritma mesin pencari, baca di Memahami Bagaimana Google Menentukan Hasil Pencarian.


ALL IN ONE SEO PACK

All in One SEO Pack adalah plugin yang menyajikan fitur pengoptimalan mesin pencari bagi situs berbasis WordPress.

antarmuka All in One SEO Pack

Plugin ini memiliki antarmuka pengguna yang sederhana, sehingga lebih ramah bagi pemula jika dibandingkan dengan kompetitornya: Yoast SEO dan The SEO Framework.

Tautan unduhan All in One SEO Pack: https://wordpress.org/plugins/all-in-one-seo-pack/


ALT ATTRIBUTE

Alt attribute adalah atribut yang diterapkan pada dokumen HTML dan XHTML guna menentukan teks alternatif (alt text) yang akan ditampilkan ketika elemen utama gagal dimuat.

Contoh image alt attribute

Sebagai contoh, image alt attribute akan ditampilkan jika pengunjung tidak bisa melihat sebuah gambar, misalnya akibat koneksi yang terlalu lambat, error pada src attribute (sumber file), atau penggunaan screen reader.


ANALYTICS

Web analytics atau penganalisisan website adalah aktivitas pengukuran, pengumpulan, analisis, dan pelaporan data web untuk tujuan memahami dan mengoptimalkan situs web.

contoh tampilan analisis web

Alat dan metode analitika menyajikan sejumlah informasi dan statistik penting mengenai jumlah pengunjung pada suatu website atau laman web, jumlah klik pada tautan, juga demografi pengunjung.


ANCHOR TEXT

Anchor text atau teks jangkar adalah bagian teks yang bisa diklik pada sebuah hyperlink.

contoh anchor text dengan garis bawah

Dalam praktik SEO yang baik, teks jangkar harus relevan dengan laman web yang dirujuk, jadi bukan sekedar teks generik semisal “klik disini”.

Tampilan yang paling umum dari anchor text ialah berwarna biru atau bergaris bawah, sebagaimana gaya Wikipedia dan Google.

Kata kunci yang digunakan sebagai teks jangkar memiliki pengaruh atas penilaian mesin pencari terhadap relevansi topik sebuah artikel.


APPLICATION PROGRAM INTERFACE (API)

Application program interface (API) atau antarmuka program aplikasi adalah seperangkat rutin, protokol, dan perkakas untuk membangun aplikasi software.

Singkatnya, API menentukan bagaimana model interaksi antar komponen dalam perangkat lunak.

Selain itu, API juga dipakai dalam pembuatan komponen antarmuka pengguna grafis (GUI).


ARBITRAGE / SEARCH ARBITRAGE

Dalam dunia internet marketing, search arbitrage atau arbitrase pencarian merujuk pada praktik penggunaan iklan murah untuk mengirimkan trafik pada sebuah landing page yang memuat promo/afiliasi yang lebih mahal.

Model arbitrasi semacam ini mengeksploitasi selisih antara imbalan per transaksi (CPA) dengan ongkos per klik (CPC) atau tayangan (CPM).

Profit = CPA – (CPM+CPC)

Laba = bayaran per transaksi – biaya iklan

Contohnya: memasang iklan AdWords (CPC) atau Facebook Ads (CPM) untuk laman landas yang memuat link afiliasi (CPA).


ARTICLE SPINNING / CONTENT SPINNING

Article spinning atau pengayakan artikel adalah proses menulis ulang sebuah artikel guna menciptakan satu atau beberapa artikel “baru”. Content spinning dilakukan untuk menghindari isu duplikasi konten yang buruk bagi SEO.

Pada dasarnya, segala jenis konten selain berita adalah hasil spin dari yang pernah ada sebelumnya, baik disengaja maupun tidak.

Yang menjadi masalah adalah ketika banyak blogger pemalas melakukan pengayakan konten dengan software article spinner seperti WordAi, Spin Rewriter, dsb.

Meskipun alat autospinner memudahkan pembuatan konten, namun artikel yang dihasilkan tak punya nilai tambah bagi pembaca, sehingga justru bisa memperburuk ranking website.


ASTROTURFING / ASTROTURF MARKETING

Astroturfing adalah aktivitas memunculkan keramaian di publik tentang suatu produk, layanan, atau isu politik, yang seolah-olah muncul dari bawah (grassroot).

Astroturf marketing adalah strategi promosi produk yang seolah-olah dilakukan secara sukarela oleh masyarakat.

Ilustrasi astroturf marketing

Model pemasaran ini memiliki konotasi negatif, terutama karena banyak marketer curang yang mengeksploitasi anonimitas dunia maya dengan akun bot berjumlah besar.


ASYNCHRONOUS JAVASCRIPT AND XML (AJAX)

Asynchronous JavaScript and XML (AJAX) adalah teknik pemrograman yang menggunakan JavaScript dan objek XMLHttpRequest untuk bertukar data antara browser dan server.

Model pemanggilan data AJAX

 

AJAX populer dipakai dalam aplikasi Web 2.0 untuk mewujudkan interaktivitas laman web.

Selengkapnya, baca artikel mengenai JavasScript dan AJAX.


AUTHORITY

Authority atau otoritas dalam SEO merujuk pada tingkat kredibilitas situs web atau laman web dibandingkan dengan website lainnya dengan topik serupa.

Sejumlah faktor penentu otoritas website antara lain:

Selain itu masih ada ratusan faktor lainnya yang menentukan tingkat kepercayaan pengunjung (baca: mesin pencari), termasuk memeriksa riwayat website.

Misalnya, apakah webmaster pernah menerapkan cara-cara curang untuk memanipulasi hasil pencarian.

Baca Prinsip Dasar White Hat SEO yang menguraikan unsur-unsur penentu website authority.


AUTHORITY SITE

Authority site (atau situs otoritas) adalah sebuah website berkualitas tinggi yang dihormati oleh para pakar dalam bidangnya.

perbandingan-authority-site-vs-niche-site

Website otoritas cenderung memuncaki laman hasil pencarian karena memuat konten yang berguna, terpercaya, dan kerap digunakan sebagai bahan referensi utama dalam bidangnya.

Selengkapnya mengenai bagaimana membangun situs otoritas, baca Authority Site: Definisi, Model Bisnis, Sejarah, Keunggulannya.


BAIT AND SWITCH

Bait and switch / pancing dan alihkan adalah taktik curang dalam internet marketing, artinya seorang pemasar memancing calon konsumen dengan tawaran produk murah, kemudian mengalihkan mereka untuk membeli produk yang mahal.

Dalam SEO terdapat istilah clickbait, artinya pemilik website menjanjikan iming-iming menarik pada judul, link, atau headline, kemudian menyajikan konten yang tidak sesuai dengan harapan.


BACKLINK

Backlink / tautbalik / inbound link adalah tautan dari situs web lain ke website kita.

Tautbalik merupakan salah satu sinyal bagi mesin pencari yang menandakan bahwa orang merujuk pada konten kita. Ini menandakan bahwa konten kita memiliki nilai (value) yang nyata.

Ketika sebuah laman web memperoleh banyak tautbalik, maka search engine akan menganggap bahwa laman tersebut kredibel, sehingga layak ditempatkan pada ranking teratas hasil pencarian.

Oleh karena pentingnya nilai backlink bagi SEO, banyak webmaster yang sengaja memperbanyak jumlah tautbalik ke situs mereka. Hal ini dikenal sebagai praktik link building atau link earning.

Faktanya, yang penting bukanlah jumlah atau kuantitas, melainkan kualitas tautbalik. Satu backlink dari authority site lebih bernilai dari seribu tautbalik dari spammy site.

 


BACKLINKO

Backlinko adalah blog milik Brian Dean yang mengulas tentang strategi SEO, terutama metode untuk memperoleh backlink demi meningkatkan peringkat laman web di laman hasil pencarian.

Salah satu taktik SEO terkenal dari Brian Dean adalah skyscraper technique, yakni:

  1. Berburu konten yang memiliki banyak tautbalik.
  2. Menyusun konten yang lebih baik dari itu.
  3. Meminta para webmaster untuk memberi tautbalik ke konten kita.

Situs resmi blog Backlinko: https://backlinko.com/blog


BAD NEIGHBORHOOD

Bad Neighborhood / lingkungan buruk dalam SEO merujuk pada situs-situs yang memiliki reputasi buruk karena telah melanggar rambu-rambu webmaster Google.

Akibatnya, website semacam itu terlempar dari laman hasil pencarian atau bahkan tak muncul sama sekali karena dihapus dari indeks mesin pencari (deindexed).

Jika situs kita berada dalam satu shared hosting, atau memiliki link ke dan dari situs semacam itu, maka website kita juga akan merosot otoritasnya.

Website dalam bad neighborhood biasanya dicirikan dengan:

Sejumlah metode untuk mensterilkan situs kita dari lingkungan buruk antara lain:

It is important thing to remember is to keep your site clean and to create a good neighborhood.


BANNER AD

Banner ad atau iklan spanduk adalah salah satu model iklan di internet dengan penyajian spanduk persegi berisi grafis iklan di laman web.

Keunggulan iklan spanduk dibandingkan iklan teks (text ad) adalah tampilan desain yang menarik (eye-catching) dan bisa disesuaikan dengan brand pengiklan.

Banner ad yang disajikan melalui jaringan iklan Google dikenal sebagai Google Display Ads.

Kita juga bisa merancang dan menampilkan spanduk sendiri yang biasa disebut native banner ad.


BANNER BLINDNESS

Banner blindness adalah fenomena dalam kebergunaan situs web (web usability), saat pengunjung website secara sadar maupun tak sadar mengabaikan informasi yang berbentuk banner atau spanduk.

Keabaian terhadap banner ini juga kerap disebut sebagai ad blindness atau banner noise.


BEHAVIORAL TARGETING

Behavioral targeting atau penargetan berdasarkan perilaku meliputi serangkaian teknologi dan teknik untuk meningkatkan efektivitas iklan dengan memanfaatkan data perilaku pengunjung web.

Behavioral targeting menggunakan data laman web yang pernah dikunjungi seseorang untuk menentukan tampilan iklan yang diperkirakan sesuai dengan selera pengunjung.


BING

Bing adalah mesin pencari web berbasis ASP.NET yang dirilis pada 1 Juni 2009 dan dikelola oleh Microsoft.

Sebagai evolusi termutakhir dari MSN Search, Windows Live Search, dan Live Search, Bing menyajikan berbagai layanan pencarian, termasuk web, video, gambar, dan peta.

Situs resmi Bing: https://www.bing.com


BING ADS

Bing Ads adalah penyedia layanan iklan pay per click pada mesin pencari Bing dan Yahoo!.

Sebelumnya dikenal sebagai Microsoft adCenter dan MSN adCenter, Bing Ads diluncurkan pada 10 September 2012.

Website resmi Bing Ads: https://advertise.bingads.microsoft.com


BING WEBMASTER TOOLS (BWT)

Bing Webmaster Tools adalah layanan gratis dari mesin pencari Bing yang memampukan para pemilik situs web mengajukan website mereka ke indeks pencarian.

Sebelumnya bernama Bing Webmaster Center, selain menyediakan peralatan pengindeksan dan perayapan, Bing Webmaster Tools juga menyajikan perkakas untuk membuat sitemap, ping, statistik, pengajuan konten, dll.

Situs web resmi BWT: https://www.bing.com/toolbox/webmaster


BLACK HAT SEO

Black Hat SEO merujuk pada penggunaan strategi, teknik, dan taktik SEO agresif yang hanya menyasar peringkat hasil pencarian serta mengabaikan kebergunaan atau pengalaman pengunjung.

Biasanya para pelaku SEO topi hitam mengabaikan panduan pengoptimalan mesin pencari.

Contoh teknik black hat SEO misalnya:

Meskipun algoritma mesin pencari kadang masih bisa ditipu oleh para “pakar SEO” aliran hitam ini, namun biasanya laman web yang mereka kampanyekan hanya bisa bertahan sesaat di puncak hasil pencarian.

Dalam jangka panjang, laman sampah tersebut akan terkena penalti dan dibuang dari hasil pencarian.


BLOCKERS

Blocker adalah script yang memblokir bot perayap mesin pencari untuk menelusuri bagian-bagian tertentu dari website.

Dengan penerapan pemblokir semacam ini, situs web tidak akan terindeks oleh search engine sehingga tak bisa muncul di hasil pencarian.

Misalnya, jika sebuah situs web melindungi kontennya dengan proteksi password atau hanya bisa diakses oleh para pelanggan, maka konten tersebut tidak akan masuk dalam indeks mesin pencari.


BLOG

Blog adalah situs web atau laman web yang diperbarui secara rutin, biasanya dikelola oleh satu orang atau sebuah tim, yang memuat artikel dengan gaya tulis bertutur atau informal.

Mengapa ngeblog (blogging)?

Banyak orang memiliki semangat untuk mendukung sebuah gerakan, baik politik, peduli lingkungan, maupun aktivisme sosial. Blog berguna sebagai metode untuk mewujudkan kesadaran publik dan menarik dukungan.

Jika Anda suka berbagi pengetahuan, blog bisa menjadi wadah untuk memberikan edukasi ke orang-orang yang memiliki minat dalam bidang keahlian Anda.


BLOGGER OUTREACH

Blogger outreach, juga dikenal dengan blogger relations, adalah aktivitas penjangkauan pada pemilik dan pengelola blog.

Penjangkauan blogger dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mewujudkan konten asli yang autentik guna mempromosikan produk, layanan, atau brand.


BOOLEAN OPERATORS

Boolean Operators adalah sejumlah kata dan frasa sederhana, misalnya AND, OR, NOT, AND NOT, yang dipergunakan sebagai konjungsi (penghubung) untuk memadukan atau mengecualikan kata kunci pencarian.

Penerapan operator boolean akan mewujudkan hasil pencarian yang lebih terfokus dan produktif.

Selain itu, terdapat pula proximity operators atau operator kedekatan, misalnya NEAR, AROUND, RELATED, yang berguna untuk memunculkan hasil pencarian yang terkait dengan suatu topik, entitas, atau lokasi.

Kedua jenis operator pencarian tersebut bisa lebih mudah diakses melalui boolean search yang ada di Google Advanced Search.


BOOKMARK

Dalam dunia internet, bookmark adalah sebuah penanda laman web dalam bentuk URI (unified resource identifier) yang disimpan pada suatu aplikasi.

Semua browser modern menyajikan fitur bookmark, yang biasanya ditampilkan di bilah perkakas (toolbar) dan bisa diorganisir ke dalam folder-folder.

Selain browser, ada sejumlah aplikasi untuk menyimpan dan mengelola bookmark laman web, antara lain: Instapaper, Pocket, Pinterest, Evernote, Bitly, dan Flipboard.


BOT

Bot, juga dikenal sebagai spidercrawler, robot, perayap, adalah aparat terautomasi dari search engine untuk menjelajahi dan mengumpulkan informasi yang termuat dalam sebuah laman web.

Bot perayap mengunjungi laman web satu per satu, membaca konten di dalamnya dan memeriksa setiap tautan yang ada, kemudian mengumpulkan data tersebut guna disimpan ke dalam indeks mesin pencari.

Alur kerja bot bisa dibaca di artikel Memahami Cara Google Menentukan Hasil Pencarian.


BOUNCE RATE

Bounce atau pantulan trafik adalah aktivitas kunjungan seorang pengguna pada satu laman web tanpa diikuti kunjungan ke laman lainnya dalam website yang sama.

Bounce rate adalah persentase jumlah pengunjung suatu situs web yang langsung pergi/keluar setelah mengakses sebuah laman.

Bounce rate berpengaruh terhadap SEO sebab angkanya bisa menentukan kualitas kunjungan ke landing page.

Angka yang tinggi berarti laman web tersebut kurang relevan dengan informasi yang dibutuhkan pengunjung. Bagi algoritma Google, hal ini dianggap sebagai sinyal untuk menurunkan peringkat website di hasil pencarian.


BRANDING

Branding adalah serangkaian metode pemasaran dan komunikasi melalui penciptaan identitas yang membedakan sebuah perusahaan atau suatu produk dari para kompetitornya.

Branding bertujuan untuk menanamkan impresi jangka panjang di benak pelanggan.

Komponen-komponen utamanya antara lain brand identity, brand communication (logo dan merk dagang)brand awareness, brand loyalty, dan berbagai strategi manajemen brand lainnya.


BRAND STACKING

Brand stacking, juga dikenal dengan domain stacking  (penumpukan domain), adalah fenomena tampilnya beberapa laman web dari sebuah domain dalam satu halaman hasil pencarian.

contoh brand stacking atau penumpukan domain

Penumpukan domain di search result terjadi saat sebuah brand/domain memiliki level popularitas dan otoritas yang tinggi dalam bidang yang terkait kata kunci pencarian.


BRANDED ANCHOR TEXT

Branded anchor text adalah teks jangkar yang memuat nama brand.

contoh branded anchor text

Ini adalah model anchor text paling baik untuk SEO bagi website yang memiliki brand tunggal.


BRANDED KEYWORD

Branded keyword adalah frasa atau kata kunci pencarian yang memuat nama brand dan variasinya.

contoh branded keyword


BRANDED LINK

Branded link adalah tautan pendek (shortlink) – versi singkat dari URL yang biasa dibagikan di media sosial – yang dibuat khusus untuk nama brand tertentu.

Berbeda dengan shortlink pada umumnya, seperti bit.ly atau goo.gl, saat ini perusahaan-perusahaan besar lebih memilih menggunakan tautan pendek yang memuat variasi dari nama brand.

Contoh branded linkbaca.ekajogja.com/monetisasi


BREADCRUMBS

Breadcrumbs atau breadcrumbs trail adalah elemen kontrol grafis yang digunakan sebagai alat bantu navigasi dalam antarmuka pengguna.

Breadcrumbs memampukan pengunjung website memahami lokasi mereka dalam peta situs.


BROKEN LINK

Broken link adalah sebuah tautan yang rusak, misalnya karena laman tujuan sudah dihapus atau dipindahkan ke URL lain.

Penyebab broken link antara lain:


BROWSEO

Browseo adalah aplikasi untuk menampilkan laman web dalam perspektif bot mesin pencari.

Ilustrasi layar Browseo

Fitur browseo antara lain:

Website resmi Browseo: http://www.browseo.net


BUSINESS DIRECTORY

Business directory atau direktori bisnis adalah situs web yang menyajikan daftar informasi perusahaan.

Perusahaan yang terdaftar bisa dikategorikan berdasarkan niche, lokasi, aktivitas, atau ukuran, dengan sistem kurasi manual maupun otomatis.

Contoh direktori bisnis:


BUSINESS TO BUSINESS (B2B)

Business to business, B to B, atau B2B, adalah jenis transaksi yang dilakukan antar perusahaan, misalnya antara produsen (manufacturer) dan distributor, atau antara pedagang grosir (wholesaler) dan pengecer (retailer).

Produk dan layanan yang ditransaksikan dalam B2B biasanya memuat izin perbanyakan (reproduksi) atau penjualan ulang (resell).

Transaksi B2B dibedakan antara lain dengan B2C (business to consumer) dan B2G (business to government).


BUSINESS TO CONSUMER (B2C)

Business to consumer atau B2C adalah transaksi yang dilakukan antara perusahaan dengan konsumen sebagai pengguna akhir (end-user) barang atau jasa.

Berbeda dengan B2B, produk atau layanan yang ditransaksikan dalam B2C hanya memiliki izin penggunaan, bukan lisensi perbanyakan atau penjualan ulang.

 


BUZZSUMO

BuzzSumo adalah perkakas SEO yang menyajikan data jumlah distribusi konten (content sharing), data influencer, peringatan penyebutan kata kunci (keyword alert), dan analisis kompetitor.

Ilustrasi layar BuzzSumo

Website resmi BuzzSumo: http://buzzsumo.com


CACHE / BROWSER CACHE

Browser cache adalah lokasi penyimpanan sementara di dalam komputer yang memuat file-file yang diperlukan guna menampilkan sebuah website.

File-file yang disimpan (cached files) meliputi berkas HTML, CSS, JavaScript, juga gambar dan konten multimedia lainnya.

Website yang menerapkan browser caching, misalnya melalui penerapan .htaccess, akan mempercepat proses pemuatan laman dan meningkatkan kualitas pengalaman pengguna.


CALL TO ACTION (CTA)

Call to action (CTA) adalah gambar atau frasa yang mengajak pengunjung laman web untuk melakukan sebuah tindakan.

buat android app dari blog kamu
Contoh Call to Action

Tindakan yang disarankan oleh CTA misalnya:

Umumnya call to action diletakkan pada laman landas (landing page), email, atau di bagian bawah artikel. Selain itu, ada pula CTA yang berupa pop-up (munculan), overlay video (misalnya di Youtube), atau bar yang ditampilkan di atas atau bawah laman web.


CANONICAL TAG

Canonical tag atau tag rel=canonical, adalah elemen HTML yang menunjukkan pada bot mesin pencari bahwa sebuah laman web merupakan duplikat dari laman lainnya.

Penerapan tag kanonikal mencegah agar suatu website yang memuat laman duplikat tidak dianggap sebagai spam.


CANONICAL URL

Canonical URL adalah alamat laman web orisinal yang dirujuk oleh satu atau beberapa laman duplikatnya.

Dengan pernyataan sebagai URL kanonikal, maka laman web tersebut ditegaskan sebagai versi terpilih (preferred) yang selayaknya masuk dalam indeks search engine.


CANONICAL ISSUE

Canonical issue muncul akibat pengalihan permanen 301 redirects tidak diterapkan dengan benar.

Isu kanonikal terjadi saat sebuah laman web bisa diakses oleh search engine melalui beberapa URL sekaligus.

Jika ini terjadi, indeks mesin pencari menganggap sebuah website memiliki sejumlah konten duplikat dan karenanya terkesan spammy.


CART ABANDON RATE

Cart abandon rate atau adalah rasio jumlah troli/keranjang belanja yang diabaikan berbanding jumlah transaksi yang dijalankan atau diselesaikan.

Pada umumnya, angka abandonment rate di toko online bervariasi antara 60% sampai 80%, dengan rata-rata sebesar 67,91%.


CASCADING STYLE SHEET (CSS)

Cascading Style Sheets (CSS) berfungsi untuk mengatur tampilan elemen-elemen HTML pada layar monitor, cetakan kertas, atau media lainnya.

Penerapan CSS membantu webmaster untuk menentukan gaya desain website dengan jumlah halaman besar hanya dalam satu file saja.


CHRONOLOGICAL CONTENT CURATION

Chronological content curation adalah salah satu model kurasi konten dari berbagai sumber di internet yang disusun berdasarkan kronologi penerbitan.

Pada umumnya, konten yang dikurasi diurutkan berdasarkan tanggal terbit yang paling baru lebih dahulu (descending publication date).


CLICK FRAUD

Click fraud adalah jenis kecurangan/penipuan yang terjadi pada iklan PPC (pay-per-click).

Pada model iklan PPC, webmaster yang memajang iklan di situs webnya akan memperoleh bayaran sesuai dengan jumlah pengunjung yang mengklik iklan tersebut.

Kecurangan terjadi saat ada seseorang atau software atau script otomatis yang berpura-pura menjadi pengunjung sebuah laman web dan sengaja mengklik iklan di laman tersebut demi mencatatkan jumlah klik.

Click fraud belum tentu disengaja oleh webmaster, sebab pada kenyataannya justru perusahaan ad networks-lah yang memperoleh keuntungan terbesar dari kecurangan ini.


CLICK-THROUGH RATE (CTR)

Click-through-rate (CTR) adaah jumlah klik yang diperoleh oleh iklan dibanding jumlah penayangan (impresi) iklan.

Click-through-rate = klik / impresi

Artinya, jika sebuah iklan memperoleh 5 klik setelah ditayangkan 1000 kali, maka CTR-nya sebesar 0,5%.

Karena CTR menunjukkan seberapa besar kemungkinan orang mengklik sebuah iklan saat melihatnya, maka angka ini bisa dipergunakan untuk mengevaluasi performa kata kunci dan iklan.


CLICKZ

ClickZ adalah majalah online yang menyajikan berita, panduan, ulasan, dan statistik dalam bidang pemasaran digital dan periklanan online.

Website resmi ClickZ: https://www.clickz.com


CLOAKING

Cloaking adalah metode untuk membedakan tampilan laman web bagi pengunjung dan bagi bot perayap mesin pencari.

Cloaking diterapkan dengan cara menyajikan konten yang berlainan sesuai dengan IP address atau user-agent dari perangkat yang mengakses laman tersebut.

Saat pengakses teridentifikasi sebagai search engine spider, maka server web akan menyajikan konten khusus yang tidak terlihat oleh pengunjung manusia.

Cloaking sering dilakukan sebagai metode black hat SEO untuk menipu mesin pencari agar mengindeks laman web tertentu sesuai keinginan webmaster.


CLOSED CIRCLE CONTENT LOOP

Closed-circle content loop adalah sistem pengelolaan konten yang difokuskan pada upaya penguatan eksistensi dan diversifikasi konten baru dan pengemasan ulang konten lama.

Dengan menciptakan berbagai bentuk konten baru dan mengemas konten lama dalam bentuk baru, sebuah website akan selalu memiliki konten segar untuk dirayapi dan diindeks oleh mesin pencari.


CO-CITATION

Co-citation adalah kondisi ketika dua link (A dan B) berada dalam sebuah laman web (C).

Wajarnya, situasi ini berarti nilai tautan (link juice) dari C dialirkan pada laman A dan B. Namun, co-citation bernilai lebih dari itu. Dengan munculnya kedua link pada satu laman, maka laman A dan B juga akan saling berbagi value satu sama lain.

Sederhananya, jika sebuah laman web (C) menyajikan link ke laman blog (A) dan ke laman Wikipedia (B), maka laman blog A akan diuntungkan dengan value dari laman Wikipedia B.


CO-OCCURENCE

Co-occurrence adalah istilah untuk menggambarkan frekuensi, kedekatan, dan hubungan antar kata kunci dalam sebuah laman web.

Co-occurence terkait erat dengan metode pengindeksan semantik laten (latent semantic indexing).

Berbeda dengan co-citation yang memunculkan perkiraan relasi antar tautan pada sebuah laman, co-occurence menghasilkan perkiraan relasi antar kata kunci dan frasa dalam konten.


CODE SWAPPING


COMMENT SPAM


COMPETITION


CONCEPTUAL SEARCHING


CONTENT


CONTENT CURATION INSIGHT


CONTENT DELIVERY NETWORK (CDN)


CONTENT FARM


CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS)


CONTENT MARKETING


CONTENT RELEVANCE


CONVERSION


CONVERSION FORM


CONVERSION RATE


CONVERSION RATE OPTIMIZATION (CRO)


COOKIES


COOKIE VALUES


COPYSCAPE


COST PER ACTION (CPA)


COST PER CLICK (CPC)


COST PER MILLE (CPM) / COST PER THOUSAND IMPRESSIONS


COUNTRY CODE TOP LEVEL DOMAIN (CCTLD)


CRAWLER


CRAWLING


CRAWL ERRORS


CASCADING STYLE SHEET


CYBERSQUATTING


DAYPARTING


DEAD LINK


DEEP LINKING


DEFECTIVE LINKS


DE-INDEXING


DE-LISTING


DEMAND CAPTURE


DEMAND CREATION


DEMOGRAPHICS


DIGITAL MARKETING STRATEGY


DIRECT TRAFFIC


DIRECTORIES


DISAVOW


DISPLAY ADVERTISING


DISPLAY ADVERTISING NETWORK


DISTILLATION CONTENT CURATION


DMOZ


DOFOLLOW


DOMAIN AUTHORITY (DA)


DOMAIN NAME


DOMAIN NAME SERVER (DNS)


DOMAIN POPULARITY


DOORWAY PAGE


DUPLICATE CONTENT


DWELL TIME


DYNAMIC CONTENT


EARNINGS PER CLICK


ECOMMERCE


EDITORIAL LINK


ELEVATION CONTENT CURATION


ENGAGEMENT METRICS


EVERFLUX


EXIT RATE


EXPERTISE, AUTHORITATIVENESS, TRUSTWORTHINESS (EAT)


EXTERNAL LINK


FAVICON


FEED


FETCH AS GOOGLEBOT


FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP)


FLAT DESIGN


FOLD / THE FOLD


FORUM


FRAMES


FREE FOR ALL (FFA)


FRESH CONTENT


GADGET / GIZMO


GATEWAY PAGE


GENERIC ANCHOR TEXT


GEO-TARGETING


GOOGLE AMP TEST


GOOGLE ANALYTICS (GA)


GOOGLE BOMB


GOOGLE BOWLING


GOOGLE DANCE


GOOGLE JUICE


GOOGLE KEYWORD PLANNER


GOOGLE NEWS


GOOGLE PAGESPEED INSIGHTS


GOOGLE PARTNER


GOOGLE POSTS


GOOGLE SEARCH CONSOLE (GSC)


GOOGLE SHAMING


GOOGLE STRUCTURED DATA TESTING TOOL


GOOGLE TRENDS


GOOGLE WEBMASTER GUIDELINES


GOOGLE WEBMASTER TOOLS (GWT)


GOOGLE YAHOO MICROSOFT (GYM)


GOOGLEBOT


GRAPHIC DISPLAY ADS


GRAY HAT SEO / GREY HAT SEO


GROWTH HACKING


HEADING TAGS


HEADINGS


HERO SECTION


HIDDEN TEXT


HIJACKING


HIT


HOMEPAGE


HREFLANG


HUB


HUBSPOT


HUMMINGBIRD


HYPERTEXT MARKUP LANGUAGE (HTML)


HYPERTEXT TRANSFER PROTOCOL (HTTP)


HYPERTEXT TRANSFER PROTOCOL SECURE (HTTPS)


IMAGE SITEMAP


IMPRESSIONS


INBOUND LINK / INLINK


INBOUND MARKETING


INDEX / INDEXING


INDEXED PAGE


INFOGRAPHIC


INFORMATION ARCHITECTURE (IA)


INTERNAL LINK


INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP)


INVISIBLE WEB


INTERNET PROTOCOL (IP) ADDRESS


JAVASCRIPT


JSON-LD SCHEMA GENERATOR


KEY PERFORMANCE INDICATOR (KPI)


KEY PHRASE


KEYWORD


KEYWORD ANCHOR TEXT


KEYWORD CANNIBALIZATION


KEYWORD DENSITY


KEYWORD PROXIMITY


KEYWORD RESEARCH


KEYWORD SPAM


KEYWORD STUFFING


KEYWORDTOOL


KNOWLEDGE CAROUSEL


KNOWLEDGE GRAPH


KNOWLEDGE VAULT


LANDING PAGE / SQUEEZE PAGE


LATENT SEMANTIC INDEXING (LSI)


LEAD CAPTURE PAGE


LEAD GENERATION


LEAD GENERATING ASSET


LEAD MAGNET


LINK


LINK BAITING


LINK BUILDING


LINK CHURN


LINK CONDOM


LINK EQUITY


LINK EXCHANGE / LINK SWAPPING


LINK FARM


LINK HOARDING


LINK JUICE


LINK LOVE


LINK PARTNER


LINK PYRAMID


LINK POPULARITY


LINK REPUTATION


LINK ROT


LINK SPAM


LINK TEXT


LINKERATI


LOCAL CITATION


LOCAL SEARCH


LOCAL SEO


LONG TAIL KEYWORD


MADE FOR ADS (MFA)


MAJESTIC


MANUAL ACTION / MANUALPENALTY


MANUAL REVIEW


MASHUP CONTENT CURATION


META DESCRIPTION


META TAGS


META TITLE


METADATA


METRIC


MICROBLOGGING


MINDSHARE


MIRROR SITE


MOBILE FIRST INDEXING


MOBILE MARKETING


MOBILE USABILITY REPORT


MONETIZE


MOZ


MULTIVARIATE TESTING


NATURAL LANGUAGE PROCESSING (NLP)


NATURAL LINK / ORGANIC LINK


NATURAL SEARCH RESULT


NAVIGATION


NEGATIVE SEO


NICHE


NOARCHIVE


NOFOLLOW


NOINDEX


NON RECIPROCAL LINK


OFFPAGE SEO / OFFSITE SEO


ONLINE REPUTATION MANAGEMENT (ORM)


ONLINE REVIEW PROFILE


ONPAGE SEO / ONSITE SEO


OPEN GRAPH PROTOCOL


OPEN SITE EXPLORER (OSE)


OPEN SOURCE


OPT-IN


OPT-OUT


ORGANIC SEARCH RESULTS


ORGANIC TRAFFIC


OUTBOUND LINK / OUTLINK


OUTBOUND MARKETING


PAGE


PAGE AUTHORITY (PA)


PAGE CONTENT


PAGE DESCRIPTION


PAGE JUMPS


PAGE LISTING


PAGE SEGMENTATION


PAGE TITLE


PAGERANK


PAID INCLUSION


PAID LISTING


PANDA


PAY FOR INCLUSION (PFI)


PAY PER ACTION (PPA)


PAY PER CLICK (PPC)


PENALTY


PENGUIN


PERMISSION MARKETING


PIGEON


PIRACY UPDATE


PIXEL / FACEBOOK PIXEL


PODCAST


POGO RATE / POGO STICKING


POP-UNDER


POP-UP


PORTABLE DOCUMENT FORMAT (PDF)


PORTAL


PREFERRED DOMAIN


PRIVATE BLOG NETWORK (PBN)


PROPRIETARY METHOD


QUALITY CONTENT


QUALITY LINK


QUALITY SCORE (QS)


QUERY


QUICK SPROUT


RANK


RANK BRAIN


RANKING


RANKING FACTOR


RAW URL TEXT


RECIPROCAL LINK


REDIRECT


REFERRER / REFERER


REFERRER STRING


REGIONAL LONG TAIL (RLT)


REGISTRAR


REINCLUSION


RELATIVE LINK


RELEVANCY


REPEAT VISITS


REPUTATION MANAGEMENT


RESPONSIVE DESIGN


RETARGETING / REMARKETING


RETURN ON INVESTMENT (ROI)


REVERSE INDEX


RICH CARDS


RICH MEDIA


RICH SNIPPETS


ROBOTS META TAG


ROBOTS.TXT


ROOT DOMAIN


RICH SITE SUMMARY (RSS)


RSS FEED


SALES CONVERSION CYCLE


SANDBOX


SCHEMA.ORG


SCHEMA APP


SCRAPING


SCREAMING FROG


SEARCH ENGINE (SE)


SEARCH ENGINE ADVERTISING


SEARCH ENGINE ALGORITHM


SEARCH ENGINE CRAWLER


SEARCH ENGINE GUIDELINES


SEARCH ENGINE JOURNAL


SEARCH ENGINE LAND


SEARCH ENGINE MARKETING (SEM)


SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO)


SEARCH ENGINE SPAM


SEARCH ENGINE RANKING


SEARCH ENGINE REGISTRATION


SEARCH ENGINE RESULTS PAGES (SERP)


SEARCH ENGINE SAFE (SEF) URL


SEARCH ENGINE STRATEGY


SEARCH ENGINE WATCH


SEARCH HISTORY


SEARCH OPERATORS


SEARCH RESULTS


SEARCH TERM


SEARCH VISIBILITY


SEARCHMETRICS


SECURE SOCKETS LAYER (SSL)


SEMANTIC DISTANCE


SEMANTIC WEB


SEMRUSH


SEO COPYWRITING


SEO POWERSUITE


SEO SITECHECKUP


SEOCHAT


SEOBOOK


SEROUNDTABLE


SERPS


SERVER


SIMILARWEB


SIPHONING


SITE SPEED


SITEMAP HTML


SITEMAP XML


SLIDESHARE


SOCIAL BOOKMARK


SOCIAL MEDIA


SOCIAL MEDIA MARKETING (SMM)


SOCIAL MEDIA POISONING (SMP)


SOCIAL SIGNAL


SOCK PUPPET


SPAM


SPAM AD PAGE


SPAM BLOG / SPLOG


SPAMDEXING


SPAMMER


SPIDER


SPIDER TRAP


SPLASH PAGE


SPLIT TESTING


SPYWARE


STATIC CONTENT


STATIC PAGE


STICKINESS


STOP WORDS


STRUCTURED DATA & SCHEMA


SUBDOMAIN


SUBMISSION


SUPPLEMENTAL INDEX / SUPPLEMENTAL RESULT


TERM FREQUENCY-INVERSE DOCUMENT FREQUENCY (TF-IDF)


TEXT LINK


TEXT LINK ADS


THE SEO FRAMEWORK


TIME ON PAGE


TITLE TAG


TOP LEVEL DOMAIN (TLD)


TOPICAL RELEVANCE


TOPICAL TRUST FLOW


TRACKING CODE


TRAFFIC


TRAFFIC RANK


TRUST FLOW (TF)


TRUST RANK


UNIFORM RESOURCE LOCATOR (URL)


UNIQUE CONTENT


UNIQUE SELLING PROPOSITION (USP)


UNIVERSAL SEARCH


URL REWRITE


USABILITY


USAGE DATA


USER EXPERIENCE (UX)


USER GENERATED CONTENT (UGC)


VALUE PROPOSITION


VARVY


VERTICAL (NICHE)


VERTICAL SEARCH


VIRAL MARKETING


VIRTUAL SERVER


WALLED GARDEN


WARM LEADS


WEB 2.0


WEB CATALOGUE


WEB DIRECTORY


WEB PAGE


WEB PAGE TEMPLATE


WEBINAR


WEBSITE


WEBSITE STRUCTURE


WHITE HAT SEO


WHOIS


WIDGET


WORDPRESS


EXTENSIBLE MARKUP LANGUAGE (XML)


YAHOO! DIRECTORY


YAHOO! SEARCH MARKETING


YOAST SEO


YOUR MONEY OR YOUR LIFE (YMYL)


Ingin mendalami strategi pengoptimalan mesin pencari? Baca Seri SEO Topi Putih – Memuncaki hasil pencarian Google dengan strategi white hat SEO.

  Jadilah Patron!